Pesan Widyaiswara Firdos Mujahidin di Capacity Building Balitbang Diklat

22 Feb 2023
Pesan Widyaiswara Firdos Mujahidin di Capacity Building Balitbang Diklat
Kegiatan Capacity Building Peningkatan Kualitas Kinerja Pegawai Tahun 2023 Badan Litbang dan Diklat Kemenag, di Hotel Sari Ater, Ciater, Subang, Jawa Barat, 20 -22 Februari 2023.

Subang (Balitbang Diklat)---Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama melaksanakan kegiatan Capacity Building Peningkatan Kualitas Kinerja Pegawai Tahun 2023, di Hotel Sari Ater, Ciater, Subang, Jawa Barat, 20 hingga 22 Februari 2023.

Dalam kegiatan ini, peserta disajikan materi mengenai motivasi akselerasi kinerja oleh Firdos Mujahidin, Widyaiswara Ahli Madya Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung. 

Dalam paparannya, Firdos juga menunjukkan cara-cara untuk membuat pegawai mampu bertumbuh serta berkontribusi secara optimal dalam sebuah organisasi.

Firdos pun menyampaikan tips menumbuhkan dan menjaga motivasi kerja pegawai. Salah satunya dengan merujuk teori kebutuhan Maslow yang berisi tentang lima kategori kebutuhan manusia.

Kebutuhan tersebut diurutkan dari yang paling prioritas yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan harga diri, dan kebutuhan aktualisasi diri.  

Bekerja, katanya, merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan aktualisasi diri. "Meski pada kenyataannya, seseorang bekerja karena berbagai alasan dan bukan sekadar untuk beraktualisasi diri saja," ucapnya.

Kegiatan bertema "Tingkatkan Prestasi, Jalin Komunikasi, dan Capai Kinerja Terbaik" ini dibuka oleh Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Kemenag, Prof.Suyitno, didampingi Sekretaris Badan (Sesban) Muharam Marzuki.

Sesban Muharam menerangkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas para pegawai Balitbang dan Diklat Kemenag sekaligus membangun kerja sama tim yang kuat. Selain itu, capacity building juga merupakan bagian dari evaluasi.

“Evaluasi ini bagian dari charging, recharging. Ibarat baterai sudah redup, harus di-recharge lagi, diajak melakukan sesuatu yang sifatnya menggairahkan, memberi semangat, memotivasi, melatih kita untuk bisa bekerja bersama, bukan bekerja sendiri-sendiri, bukan bekerja seperti one man show, tapi bekerja atas nama tim,” ujarnya.

Sementara itu, Kaban Suyitno meminta seluruh pegawai di lingkungkan Balitbang dan Diklat Kemenag berkomitmen sekaligus menjadi role model dalam menjalankan visi dan misi berdasarkan outlook 2023 yang telah disusun menjadi sembilan strategi kebijakan Kemenag.

“Mulai 2023 ini saya kira kita harus menjadi role model, Balitbang menjadi role model sehingga saya berharap betul dari sekian persoalan kita sedikit banyak sudah mulai memberikan terkait outlook sehingga capaian kepuasan pelanggan itu bisa dipenuhi,” katanya. (julian/sri/bas)

   

 

Penulis: Julian
Editor: Sri Hendriani/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI