Puluhan Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Penggerak Moderasi Beragama di BDK Ambon

1 Jun 2024
Puluhan Peserta Antusias Ikuti Pelatihan Penggerak Moderasi Beragama di BDK Ambon
Sesban Arskal Salim pada Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Angkatan II dan III, serta Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Angkatan I pada Kementerian Agama Provinsi Maluku dan Maluku Utara yang diselenggarakan BDK Ambon di Ambon, Sabtu (1/6/2024).

Ambon (Balitbang Diklat)---Balai Diklat Keagamaan (BDK) Ambon sukses melaksanakan pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama Angkatan II dan III, serta Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Angkatan I pada Kementerian Agama Provinsi Maluku dan Maluku Utara, yang dilaksanakan pada 27 Mei hingga 1 Juni 2024.

 

Sekretaris Badan (Sesban) Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Arskal Salim yang berkesempatan menghadiri pelatihan ini memberikan materi inspiratif tentang nilai-nilai sumber daya manusia (SDM) di Kementerian Agama.

 

Pada kesempatan tersebut, Arskal membagikan wawasan berharga kepada puluhan peserta pelatihan. Menyajikan data mengesankan dari berbagai sumber, ia menunjukkan bahwa jumlah SDM Kementerian Agama mencapai 1.880.420 orang. 

 

Dari jumlah tersebut, terdiri dari beragam profesi mulai dari guru madrasah, guru PAI, hingga penghulu dan penyuluh agama. Tidak hanya itu, Arskal juga memaparkan skema pengembangan kompetensi ASN Kementerian Agama melalui proses pelatihan, knowledge sharing, dan short course

 

“Tujuan dari pengembangan kompetensi ini adalah untuk meningkatkan kinerja yang efektif, didukung oleh lingkungan kerja yang produktif,” ujar Arskal di Ambon, Sabtu (1/6/2024).

 

Arskal juga menekankan pada nilai-nilai dasar ASN, seperti berakhlak, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Menurutnya, nilai-nilai ini bukan hanya sebagai panduan dalam bekerja, tetapi juga sebagai prinsip yang mendasari integritas dan dedikasi terhadap bangsa dan negara.

 

Dalam penutupannya, putra kelahiran Makassar ini mendorong para peserta untuk terus mengembangkan diri, berinovasi, dan bekerja sama secara sinergis untuk mencapai tujuan bersama dalam memajukan bidang keagamaan. (Barjah/bas/sri)

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI