Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Pusdiklat Administrasi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Pusdiklat Administrasi Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Senin, 7 Juni 2021
Kategori : Berita
88 kali dibaca

Ciputat (7 Juni 2021). Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama A. Buchori yang didampingi Plt Kabag TU Saipul Bahri dan Kabid Penyelenggaraan Achmad Nidjam membuka sekaligus memberikan pengarahan pada Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan V yang juga merupakan Angkatan kedua buat tahun ini. Upacara pembukaan PKA ini dilaksanakan secara virtual di aula K.H. Saefudin Zuhri Pusdiklat Tenaga Administrasi pada hari Senin (07/06).

Dalam pembukaannya Buchori mengatakan bahwa pelatihan yang biasanya dilaksanakan secara konvensional/klasikal harus beradaptasi dengan metode baru, Pusdiklat Tenaga Administrasi menyikapinya dengan membangun platform Pelatihan Jarak Jauh agar pelatihan sebagai jembatan dalam peningkatan kompetensi ASN tidak mati suri dengan adanya wabah covid 19.

“Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang dikembangkan merupakan kompetensi kepemimpinan manajemen kinerja dan manajerial peserta untuk menjamin terlaksananya akuntabilitas jabatan administrator,’’ terang Buchori.

Menurutnya keberhasilan pelatihan terukur dari penerapan standar kompetensi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi jabatannya.

‘’Jika kualitas sumber daya manusia pada Kementerian Agama semakin baik maka dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan indeks kepuasan masyarakat akan meningkat,’’ tandas Buchori.

Kapus Buchori mengharapkan alumni Pelatihan Kepemimpinan Administrator dapat menjadi human capital Kementerian Agama dalam era industry 4.0 menuju era society 5.0.

Diakhir pengarahannya Kapus Buchori juga mengimbau agar peserta mengikuti pelatihan ini dengan optimal, jadikan sebagai forum diskusi dan berbagi informasi sehingga selesai mengikuti pelatihan ini peserta berkinerja lebih baik dan dapat mendesiminasikan ilmu yang didapat kepada rekan kerja.

“Di Lembaga pelatihan ini hanya tiga proses yang peserta ikuti yaitu: input, process, output, sedangkan tiga hal lainnya outcome, benefit dan impact akan diaplikasikan di permanent system,’’ tutupnya.

Dalam laporannya Kabid Nidjam menyampaikan PKA Angkatan V berjumlah 40 orang peserta yang berasal dari unit eselon I, Kanwil Kementerian Agama Provinsi dan PTKN.

Tenaga pengajar/fasilitator/instruktur/tutor PKA Angkatan V distance learning ini berasal dari Pejabat Struktural Kementerian Agama, Widyaiswara Pusdiklat Tenaga Administrasi dan praktisi sesuai kompetensinya.

‘’PKA dilaksanakan selama 91 hari mulai 7 juni – 16 September 2021 dengan menggunakan metode distance learning/e-learning dan blended learning,’’ tutupnya.

Hadir juga pada kesempatan ini pejabat struktural eselon 4 dan para widyaiswara.[]

RS/diad


Sumber :

Penulis : Rahmi Siregar

Editor : Dewindah

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP