Pusdiklat Administrasi Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VI

24 Feb 2022
Pusdiklat Administrasi Selenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan VI

Ciputat (Balitbang Diklat)---Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama A. Buchori didampingi Kabag TU Nilam Nur Azizah, Koordinator Bidang Penyelenggara Achmad Nidjam, dan Ketua Panitia Sujai membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VI secara virtual di aula KH. Saefudin Zuhri, Jalan Ir. Haji Juanda No. 37, Cempaka Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Kamis (24/2022).

Kegiatan ini diikuti 40 orang Pejabat Administrator dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri serta unit kerja pusat dan daerah di seluruh Indonesia. 

Dalam pembukaannya, Buchori mengungkapkan jabatan administrator merupakan jabatan strategis yang menjadi motor penggerak organisasi, sehingga pelatihan ini diharapkan dapat mengembangkan kompetensi sebagai pemimpin yang agile dan inovatif dalam menjawab tantangan zaman. 

“Pelatihan kepemimpinan menjadi prasyarat penting bagi pejabat administrator dalam pengembangan karir, kenaikan pangkat, dan kesejahteraan karena saat ini sedang disusun regulasi yang berkaitan dengan hal tersebut,” ungkapnya.

Menurut Buchori, selama pendidikan yang harus menjadi perhatian dan konsentrasi peserta adalah lima komponen evaluasi yaitu studi lapangan, evaluasi substansi, perencanaan aksi perubahan, implementasi aksi perubahan dan sikap perilaku. “Untuk aksi perubahan, inovasi yang dihasilkan adalah yang bermanfaat bagi organisasi dan masyarkat secara berkelanjutan  serta dapat terus dikembangkan oleh siapapun yang menduduki jabatan tersebut,” ujar Buchori.

Buchori mengatakan Pusdiklat Tenaga Administrasi secara rutin setiap tahun menyelenggarakan PKA, namun pada 2022 ini terjadi penambahan jumlah angkatan sangat signifikan; dari semula maksimal tiga angkatan tahun ini jadi enam angkatan.

Pada kesempatan ini, Buchori menyampaikan menindaklanjuti instruksi Menteri Agama tentang Kinerja Pelaksanaan Anggaran Kementerian Agama Tahun 2022, maka penyesuaian jadwal menjadi angkatan VI Pusdiklat tanggal 24 Februari – 9 Juni 2022,  angkatan  VII Pusdiklat tanggal 7 Maret-16 Juni, angkatan VIII BDK Banjarmasin 14 Maret-23 Juni, angkatan IX BDK Palembang 15 Maret-24 Juni, angkatan X BDK Semarang 16 Maret-25 Juni, dan angkatan XI BDK Denpasar 17 Maret-30 Juni.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Penyelenggara melaporkan PKA Angkatan VI merupakan angkatan perdana 2022, berlangsung selama 91 hari kalender dalam 797 jam pelajaran; mulai 24 Februari sampai 9 Juni 2022 secara blended learning. Hadir juga pada pembukaan ini Kepala BDK Pelaksana PKA. (RS/AN/bas)

 

Penulis: Rahmi
Editor: Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI