Pusdiklat Teknis Siap Luncurkan Kurikulum Pelatihan IKM Berbasis Komunitas

17 Feb 2023
Pusdiklat Teknis Siap Luncurkan  Kurikulum Pelatihan IKM Berbasis Komunitas
Kapus Mastuki membuka Forum Group Discussion Finalisasi Kurikulum Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Berbasis Komunitas di Kampus Pusdiklat Teknis Ciputat, Jumat (17/02/2023).

Tangerang Selatan (Balitbang Diklat)---Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Mastuki, membuka Forum Group Discussion Finalisasi Kurikulum Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Berbasis Komunitas.  Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) ini berlangsung pada Jum’at, (17/02/2023) di Kampus Pusdiklat Teknis Ciputat, Tangerang Selatan. Hadir secara langsung Tim Pengembang Kurikulum Pusdiklat Teknis dan Tim Inovasi. Sementara Mastuki menyampaikan arahan secara daring.

Dalam arahannya, Mastuki menegaskan pelatihan IKM jangan berhenti pada aspek knowledge, melainkan terus berlanjut sampai tuntas pada tataran implementasi kurikulum merdeka di satuan pendidikan. “Karena itu, pelatihan IKM terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap pertama berisi pemahaman materi yang dilaksanakan secara masif melalui pola Massive Open Online Course (MOOC). Tahap kedua  berisi praktik dan simulasi yang dilaksanakan secara klasikal tatap muka. Dan, tahap ketiga berisi pendampingan pelaksanaan IKM di satuan pendidikan,” ungkap mantan Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama ini.

“Pelatihan IKM Berbasis Komunitas berbeda dengan pelatihan biasa. Dari segi kepesertaan, pelatihan ini memadukan unsur satuan pendidikan madrasah seperti Kepala Madrasah dan guru, serta unsur lainnya yang terkait seperti Pengawas, Pemangku Kepentingan Pendidikan Madrasah pada Kantor Kementerian Agama, dan dosen pada perguruan tinggi. Pelibatan ragam pihak ini penting agar pelaksanaan IKM lebih efektif dan semua pihak terlibat aktif dalam menyukseskan IKM”, imbuh Mastuki.

Dalam diskusi terungkap bahwa output Pelatihan IKM adalah terbentuknya super tim yang kompeten dan siap melaksanakan IKM disertai road map tindak lanjut pasca pelatihan.  Adapun outcome pelatihan adalah tersedianya sejumlah madrasah yang berhasil menerapkan IKM sehingga terbentuk ekosistem pendidikan yang memiliki paradigma baru yang lebih membelajarkan peserta didik. (Yona Y/Efa Ainul Falah/bas)

Penulis: Yona Y
Editor: Efa Ainul Falah/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI