Puslitbang LKKMO Disiapkan Jadi Pusat Penilaian Buku Agama, Lektur, dan Literasi Keagamaan

21 Des 2023
Puslitbang LKKMO Disiapkan Jadi Pusat Penilaian Buku Agama, Lektur, dan Literasi Keagamaan
Tim sosialisasi Puslitbang LKKMO di Kankemenag Kabupaten Kebumen, 20-22 Desember 2023.

Kebumen (Balitbang Diklat)---Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama melaksanakan Sosialisasi Program Puslitbang LKKMO di Kankemenag Kabupaten Kebumen, 20-22 Desember 2023.

 

Tim sosialisasi yaitu Leo Sugiri diterima dengan baik oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Kebumen, yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha Makruf Widodo.

 

Pada kesempatan ini, Leo menjelaskan adanya perubahan fungsi terkait nomenklatur Badan Litbang dan Diklat menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BMBPSDM). Salah satu unit kerjanya yaitu Puslitbang LKKMO ke depannya disiapkan menjadi Pusat Penilaian Buku Agama, Lektur, dan Literasi Keagamaan.

 

Makruf Widodo sangat antusias dengan sosialisasi program terkait perubahan fungsi IPTEK di lingkungan kementerian/lembaga dialihkan ke BRIN, perubahan nomenklatur Balitbang Diklat menjadi BMBPSDM, perubahan fungsi Puslitbang LKKMO menjadi Pusat Penilaian Buku Agama, Lektur, dan Literasi Keagamaan, dan digitalisasi terjemahan Al-Qur’an ke bahasa daerah melalui aplikasi.

 

Namun, Makruf Widodo menyayangkan jika program penerjemahan Al-Qur’an ke bahasa daerah dialihkan ke Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an yang saat ini UPT tersebut akan dialihkan ke Ditjen Bimas Islam, karena program penerjemahan Al-Qur’an ke bahasa daerah sudah berjalan dangan baik di Puslitbang LKKMO. (Leo Sugiri/Barjah/sri)

 

Penulis: Leo Sugiri
Sumber: Puslitbang Lektur
Editor: Barjah dan Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI