Rakor Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023, Sesban Ingatkan Jajaran Bekerja dengan Hati

13 Feb 2023
Rakor Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023, Sesban Ingatkan Jajaran Bekerja dengan Hati
Sesban Muharam Marzuki membuka Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023, di Best Western Kindai Hotel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (12/02/2023).

Banjarmasin (Balitbang Diklat)---Mencintai pekerjaan dengan sepenuh hati akan membuat kinerja lebih maksimal. Seberat apapun pekerjaan akan terasa ringan jika dikerjakan dengan ikhlas dan tercipa kerja sama yang baik serta selaras antara pimpinan dan bawahan.

Pesan itu disampaikan Sekretaris Badan (Sesban) Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Muharam Marzuki, saat membuka Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023, di Best Western Kindai Hotel, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (12/02/2023).

"Antara pimpinan sampai level paling bawah harus bisa bekerja sama. Tumbuhkan rasa cinta pada pekerjaan dan institusi. Kalau sudah tertanam rasa cinta, seberat apapun pekerjaan, jadi terasa ringan," kata Muharam.

Muharam juga menyampaikan tiga poin yang perlu dilakukan dalam percepatan realisasi anggaran. Yaitu penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), pahami peraturan, dan hasil bisa dipertanggungjawabkan.

Masih pada kesempatan itu, Muharam juga meminta para pegawai Balitbang dan Diklat memiliki kapasitas diri yang mumpuni. Langkah yang bisa dilakukan antara lain dengan meniru filosofi kereta api.

"Kita harus mengikuti semangat pimpinan dengan filosofi kereta api, harus bergerak cepat, siapa yang pelan akan ditinggalkan," imbuhnya.

Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023 ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan dan anggaran Tahun 2023. Rakor akan dilaksanakan hingga Selasa (14/02/2023).

"Tujuan utama diselenggarakannya kegiatan ini adalah memastikan adanya upaya mencapai target realisasi anggaran dan pelaksanaan kegiatan sampai akhir tahun 2023, melalui rencana kegiatan yang khususnya memenuhi target realisasi 70% pada bulan Juli dan pemahaman bersama terkait tugas-fungsi PPK dan Bendahara Pengeluaran," kata Nani Sutiati, penanggung jawab acara.

Nani memaparkan, pada kegiatan ini bakal disampaikan ceramah materi terkait kegiatan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya, dan diskusi kelas terkait pelaksanaan anggaran pada Badan Litbang dan Diklat Kemenag.

Adapun peserta kegiatan berjumlah 81 orang terdiri dari unsur pusat 34 orang dan unsur daerah 43 orang. Selain itu, juga ada peserta dari luar Balitbang dan Diklat 4 orang, yaitu Biro Keuangan Kementerian Agama 2 orang dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Pemprov. Kalimantan Selatan berjumlah 2 orang. 

Turut hadir pada pembukaan Rakor, Minggu (13/02/2023) malam, yaitu Kabid Penais dan Pemberdayaan Zakat Wakaf, Ahmad Bugdadi, mewakili Kanwil Kemenag Kalsel, dan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kota Banjarmasin, Ahmad Sya'rani, mewakili Kemenag Kota Banjarmasin. (julian/sri/bas)

   

 

Penulis: Julian
Editor: Sri Hendriani/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI