Ramaikan Acara Traditions of Islam in Russia, Perpustakaan Balitbangdiklat Kemenag Gelar Terbitan Kelitbangan untuk Pengunjung

27 Feb 2019
Ramaikan Acara Traditions of Islam in Russia, Perpustakaan Balitbangdiklat Kemenag Gelar Terbitan Kelitbangan untuk Pengunjung

Jakarta (26 Februari 2019). Berlokasi di Gedung Bayt Al-Qur’an  dan Museum Istiqlal Taman Mini Indonesia Indah, acara Photo Exhibition yang menampilkan tradisi Islam di Rusia digelar. Pameran in berlangsung atas kerjasama antara Pemerintah Indonesia  melalui Kementerian Agama dengan Kedutaan Rusia di Jakarta.

Jelang pembukaan yang dimulai pada pukul 09.30, serangkaian kegiatan berjalan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan lagu kebangsaan Rusia, pembacaan ayat suci Al-Qur’an , dan pembacaan doa.

Pada kesempatan ini, beberapa pejabat memberikan sambutan. Sambutan pertama disampaikan Dr. Mukhlis Mohammad Hanafi kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an (LPMQ) Badan Litbang dan Diklat, sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara ini. Dilanjutkan sambutan Dirjen Bimas Islam Dr. Muhammadiyah Amin, kemudian duta besar Rusia untuk Indonesia Mrs. Lyudmila Vorobieve, dan Wakil Ketua  Dewan Mufti Rusia Mr. Rushan Abbyasov.   Pada intinya mereka menyampaikan apresiasi yang besar atas terselenggaranya acara ini dengan baik dan lancar. Sekaligus acara ini pun memperkuat hubungan diplomatik termasuk penguatan pengenalan budaya Islam Rusia  dan pengenanlan budaya kedua bangsa, Indonesia dan Rusia.

Ada yang unik ketika rombongan melewati sebuah stand buku mungil namun mencuri perhatian pengunjung. Itulah stand pameran buku Balitbangdiklat Kemenag. Pada pameran kali ini, perpustakaan membawa buku-buku terbitan Balitbangdiklat. Di antara yang dipamerkan adalah Al-Qur’an terjemah bahasa daerah, Ensiklopedia Pemuka Agama, Kamus Istilah Keagamaan, dan beberapa judul buku tentang sejarah dan budaya Islam di Indonesia.

Rombangan acara pembukaan khususnya dari Indonesia, langsung menyerbu stand pameran. Selain buku yang dipamerkan, ada juga buku yang dibagikan kepada pengunjung. Inilah yang menarik perhatian mereka hingga berbondong-bondong dan memadati area stand.  Dalam waktu yang tidak terlalu lama, buku-buku tersebut sudah beralih tempat menjadi milik pengunjung setelah sebelumnya mereka mengisi daftar hadir dan  tanda terima buku. (HAR/bas)

Foto: Dewi K.

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI