SAIK 2019: Pameran Komunikasi Untuk Persatuan Negeri

24 Okt 2019
SAIK 2019: Pameran Komunikasi Untuk Persatuan Negeri
(Foto: Suminah) Pengunjung Pameran SAIK di stand Kemenag

Pangkalpinang (23 Oktober 2019). Kementerian Agama hadir dalam acara tahunan pameran Festival Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2019 di Bangka Belitung. Stand pameran ini diisi oleh seluruh Unit Eselon I di Kemenag, termasuk Balitbang Diklat.

Ajang SAIK kali ini diikuti oleh 1500-an peserta, termasuk di dalamnya pagelaran Public Expose & Public Service Exhibitions yang berlokasi di Alun-Alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang. Kegiatan berlangsung tanggal 23-25 Oktober 2019.

SAIK mengangkat tema “Kolaborasi Komunikasi Untuk Memperkuat Persatuan dan Kedaulatan Bangsa”. Tema ini diusung pula oleh berbagai stand dari Kementerian/Lembaga yang meramaikan ajang pameran.

Stand Kementerian Agama diramaikan oleh berbagai unit seperti Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, PHU, 6 Dirjen Bimas (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, Khonghucu) dan juga Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Kehadiran stand dari berbagai K/L ini diharapkan mampu menjadi media sekaligus humas dalam menyuarakan persatuan untuk memperkuat kedaulatan bangsa.

Seorang pengunjung mengaku senang bisa berkunjung ke stand Kemenag ini. “Sebagai mahasiswa SAS Babel, saya senang sekali bisa datang ke sini. Saya dapat buku hasil penelitian yang dipamerkan ini untuk bahan paper dan tulisan,” ujar salah satu pengunjung di Babel, Rabu (23/10).

Menariknya, untuk mendapatkan buku produksi Balitbang tersebut, pengunjung harus terlebih dahulu mengikuti akun Instagram @balitbangdiklat dan @perpuskemenagri. Bagi pengunjung, hal tersebut tidaklah sulit karena sebagian besar mereka adalah generasi milenial yang dekat dengan media sosial.

Selain pameran, Balitbangdiklat menggelar acara bedah buku Moderasi Beragama dengan narasumber peneliti Balitbangdiklat Anik Farida. Tampak sekitar 50 orang lebih memenuhi kursi yang tersedia untuk mengikuti bedah buku.

Kegiatan berskala nasional ini diharapkan dapat meramaikan dan mengangkat potensi provinsi tersebut sebagai salah satu tujuan wisata. []

HAR/diad

Foto: Suminah

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI