Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Sambut Milad, Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal Perkenalkan Mushaf Al-Mukhtar

Sambut Milad, Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal Perkenalkan Mushaf Al-Mukhtar

Senin, 4 Mei 2015
Kategori : Berita
148 kali dibaca

Jakarta (4 Mei 2015). Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal (BQMI) terus berbenah diri. Menyambut milad ke-18, gedung yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta melakukan berbagai pembenahan.

Tidak hanya pembenahan fisik berupa pengecatan gedung, pengelola juga melakukan peremajaan koleksi benda pamer. Salah satu koleksi benda pamer yang akan diperkenalkan adalah Mushaf Al-Mukhtar.

Mushaf Al-Mukhtar adalah mushaf Al-Qur’an yang ditulis oleh Ustadz Misbakh Munir. Mushaf yang berukuran 200x90 cm ini ditulis mulai dari bulan September tahun 2011 dan selesai pada bulan Februari 2013. Mushaf ini terdiri dari 30 lembar dimana setiap lembarnya memuat satu juz Al-Qur’an.

BAMI merupakan salah satu dari dua museum Al-Qur’an yang ada di dunia. Selain di Indonesia, Museum Al-Qur’an kedua tercatat berada di Bahrain.

Pengelolaan BAMI menjadi tanggung jawab Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama. Berbagai koleksi dipamerkan di museum ini, diantaranya adalah Mushaf Al-Quran yang dibuat dari berbagai media dengan ukuran yang variatif, mulai dari yang terkecil sampai dengan mushaf Al-Qur’an dengan ukuran lebih dari 200 x 200 cm. Selain itu, berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah Islam juga hadir melengkapi benda pamer Museum Istiqlal.

Milad ke-18 BAMI akan diperingati pada hari Rabu, 6 Mei 2015. Dijadwalkan hadir pada peringatan tersebut, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Turut hadir menyemarakkan milad BAMI, Perwakilan Duta Besar negara-negara sahabat. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Pgs Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf AlQuran, Mukhlis Hanafi saat menyampaikan lapotan persiapan kepada Kepala Badan Litbang dan Diklat, Abd. Rahman Masud. "InsyaAlloh peringatan milad ke-18 BAMI akan dibuka secara langsung oleh bapak Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, dan juga akan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari negara sahabat" demikian ujarnya.

Peringatan Milad BAMI juga akan lebih semarak dengan launching berbagai produk Badan Litbang dan Diklat.[]

ags/viks/rin/ags


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP