Save Your Archive, Save Your History

6 Jun 2023
Save Your Archive, Save Your History
Plt Sesban Arskal Salim saat melaporkan kegiatan di Sentul, Bogor, Jabar pada Senin (5/6/2023) malam. (Foto: Eko Muktiawan

Bogor (Balitbang Diklat)---Sekretariat Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI bekerja sama dengan Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenag RI menggelar kegiatan Peningkatan Kemampuan Jabatan Fungsional Arsiparis Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Tahun 2023, di Bogor, Jawa Barat.

Dalam laporannya, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Badan (Sesban) Litbang Diklat Kemenag Prof. Arskal Salim mengatakan bahwa pertemuan arsiparis digelar rutin tiap tahun. Namun, pada kesempatan kali ini menjadi istimewa karena melibatkan lebih banyak peserta daripada pertemuan sebelumnya.

“Biasanya hanya pada satu unit Eselon I saja. Tapi, untuk kali ini kita mengundang peserta dari unit Eselon I lainnya dan dari Kanwil (Kemenag Jabar). Total yang hadir 110 peserta terdiri dari arsiparis pusat dan balai-balai di lingkungan Balitbang Diklat,” ujarnya.

Sesban Arskal mengatakan bahwa kegiatan yang mengusung tema ‘Save Your Archive, Save Your History’ ini bertujuan memperkenalkan dan menyosialisasikan aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi). Selain itu, juga agar kapasitas kemampuan arsiparis meningkat dalam menyusun SKP sesuai tingkat jabatan.

“Arsiparis juga diharapkan membantu pejabat penilai dalam menyusun Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan menginventarisasi permasalahan dan hambatan dalam Menyusun SKP tersebut,” ungkapnya.

Pria yang juga Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) ini menambahkan bahwa kegiatan itu mengundang sejumlah narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan perwakilan Biro Umum Setjen.

Adapun materi-materi yang akan disampaikan narasumber, lanjut dia, terkait peningkatan kompetensi dan pengumpulan nilai kinerja fungsional arsiparis, lalu arah kebijakan terkait aplikasi Srikandi dan konfigurasi aplikasi Balitbang Diklat.

“Ini semua dalam rangka menunjang Perpres No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik di mana penyelenggara pemerintahan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi agar terwujud tata kelola pemerintahan yang efektif, transparan, dan akuntabel,” paparnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Kearsipan ke-52 bertema Gerakan Kearsipan: Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa, dan Peradaban Unggul.

Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Kemenag Prof. Amien Suyitno dalam arahannya mengajak para arsiparis agar menjadikan tugasnya sebagai tantangan. “Saya mengajak kita semua, khususnya kepada arsiparis, harus menjadi semacam tantangan. Jika tidak, kita akan dosa besar,” kata Kaban.

Ketua Perkumpulan Arsiparis Kemenag Ahmad Maulana selaku ketua tim kearsipan Biro Umum Setjen dalam sambutan singkatnya berterima kasih karena Balitbang Diklat terus bekerja sama dengan Biro Umum terkait kearsipan.

Kegiatan ini dijadwalkan selama tiga hari, Senin-Rabu, 5-7 Juni 2023 di LORIN Sentul Hotel Kawasan Sirkuit Sentul Internasional Exit Toll Sirkuit Sentul, Jl. Tol Jagorawi Km 32, Sentul, Kec Babakan Madang, Kab Bogor, Jabar.

(Ova/diad)

Penulis: Ali Musthofa Asrori
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI