Top
    sisinfobalitbangdiklat@kemenag.go.id
(021) 3920663, 3920668
Seleksi Peserta Diklat Guna Meningkatkan Mutu Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA)

Seleksi Peserta Diklat Guna Meningkatkan Mutu Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA)

Senin, 17 Februari 2020
Kategori : Berita
123 kali dibaca

Bogor (17 Februari 2020). Dalam sistem manajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon III, yang sekarang dikenal dengan istilah Jabatan Administrator, memainkan peranan yang sangat menentukan dalam menjabarkan visi dan misi instansi ke dalam program-program. Selain itu, mereka pun memimpin bawahan dan seluruh stakeholder strategis untuk melaksanakan program-program tersebut secara efektif dan efisien.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Rudi Subiyantoro yang didampingi Kabid Penyelenggaraan Sri Mulyati saat membuka kegiatan Seleksi Peserta Diklat Instansi di Bogor, Senin (17/02).

Menurut Kapus Rudi, Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang bertujuan sebatas membekali peserta dengan kompetensi yang dibutuhkan menjadi pemimpin taktikal dirasakan tidak cukup.

“Diperlukan sebuah penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang inovatif, yaitu penyelenggaraan pelatihan yang memungkinkan peserta mampu menerapkan kompetensi yang telah dimilikinya,” ungkapnya.

 “Peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu aksi perubahan di unit kerjanya, memimpin perubahan tersebut hingga menimbulkan hasil yang signifikan,” sambung Kapus.

Kapus Rudi juga menekankan, untuk meningkatkan mutu PKA diperlukan adanya seleksi bagi setiap pegawai Negeri Sipil yang akan mengikuti pelatihan.

”Seleksi dilakukan oleh Tim Seleksi Peserta Diklat Instansi (TSPDI) yang terdiri dari unsur Baperjakat dan unsur lain yang terkait baik secara fungsional maupun secara profesional yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian tentang Pegawai Negeri Sipil dan salah satu tugasnya adalah memberi masukan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian tentang Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi syarat untuk ditetapkan dan ditugaskan mengikuti PKA,” terangnya.

Sementara itu dalam laporannya, Kabid Sri melaporkan peserta berjumlah 30 orang terdiri dari Unit Eselon I, Kanwil Kementerian Agama, Perguruan Tinggi Agama Negeri, Pusdiklat Tenaga Administrasi dan Kantor Kementerian Agama Kota Bogor. Seleksi Peserta Diklat Instansi dilaksanakan mulai tanggal 17 s.d 19 Februari 2020. Narasumber adalah Kepala Badan Litbang dan Diklat, Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi, Kepala Biro Kepegawaian dan Sekretaris Itjen.[]

RS/diad


Sumber :

Penulis :

Editor :

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP