Semangati Tim Ad Hoc Penilaian Buku, Kaban: Teruslah Bergerak

29 Okt 2019
Semangati Tim Ad Hoc Penilaian Buku, Kaban: Teruslah Bergerak

Bogor (29 Oktober 2019). Kepala Badan (Kaban) Litbang Diklat Kemenag RI, Abd. Rahman Mas'ud, disela kesibukannya menyempatkan datang dalam sidang ketiga penilaian buku agama dan keagamaan pada sekolah dan madrasah yang digelar di Hotel Amaroossa Royal Bogor, Selasa (29/10).

Dalam arahan singkatnya, Kaban mengapresiasi sekaligus menyemangati tim Ad Hoc yang terdiri dari para ahli (dosen) dan praktisi pendidikan (guru dan pengawas). Kaban mengaku gembira melihat kinerja tim di bawah Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) yang dipimpin Muhammad Zain itu.

“Saya ke sini hendak meng-update sekaligus ter-update karena ini merupakan continuation atau kesinambungan. Setelah ini mungkin ada tim lain lagi nanti. Beberapa rektor dan dirjen InsyaAllah datang. Jadi, meskipun singkat harus menyaksikan langsung,” jelasnya.

Mas’ud menambahkan, hingga pukul 16.00 masih bersama Menag bersama Menteri Agama Kabinet Indonesia Maju. “Jadi, kenapa saya terlambat karena hingga jam 4 sore tadi masih bersama Pak Menteri. Tentu, Pak Menteri baru yang kuat dari sisi antiradikalisme-nya,” tutur Kaban.

Kepada Menag, Kaban melaporkan kegiatan di Bogor bahwa tidak kurang dari 400 buku sedang direview, dinilai oleh tim khusus. “Dan nanti berakhir dengan stempel atau pengesahan. Jadi, beliau sangat mengapresiasi kerja kita bahwa kita juga menyisir buku dari unsur radikalisme,” ungkapnya.

Setelah pengesahan, lanjut Kaban, buku-buku tersebut dipastikan steril dari unsur-unsur intoleransi, ujaran kebencian, radikalisme, dan ekstrimisme. “Itu laporan saya ke beliau. Maka bapak ibu punya tugas yang berat, tapi sangat mulia karena menjadi NKRI kita dan para pembaca kita literate, budaya baca tulisnya semakin benar, dan tercerahkan,” tandasnya.

Secara khusus, pria asal Kudus ini merasa bersyukur karena dalam tim ini ada peneliti yang sudah berpengalaman dalam bidang tashih. “Seperti Pak Zarkasi ini. Beliau sudah ahli soal tashih Al-Qur’an di LPMQ tempatnya bekerja. Kalau di sini lebih kepada tadqiq. Meski demikian, pada intinya sama yakni memvalidasi,” terang Kaban.

Doktor jebolan UCLA Amerika Serikat ini menyambut gembira dan berterima kasih kepada seluruh tim, khususnya tim dari luar yang terdiri dari para ahli dan praktisi. “Keep moving. Terus bergerak. Dan memang nggak boleh lama-lama saya bicara karena bisa mengganggu konsentrasi tim penilai,” pungkasnya.

Tampak hadir para penilai antara lain mantan professor riset Puslitbang Penda Prof. Imam Tolkhah dan Saidah Sakwan dari PP LP Ma’arif NU. Hingga berita ini ditulis, tim Ad Hoc terus bekerja hingga Maghrib tiba. []

Ova/diad

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI