Semarak Menebar Informasi, Menuai Beribu Manfaat

12 Apr 2022
Semarak Menebar Informasi, Menuai Beribu Manfaat

Bogor (Balitbang Diklat)---Pameran produk kelitbangan kembali digelar, kali ini berlokasi di The Sahira Hotel Bogor, Selasa (12/4/2022). Gelaran dalam rangka memeriahkan acara Workshop Pembangunan Jurnal Berstandar Internasional dan merupakan rangkaian kegiatan mempromosikan koleksi perpustakaan dan hasil kelitbangan kepada khalayak luas.

Sebelumnya, pameran ini sudah digelar di UIN Walisongo Semarang pada tanggal 29 Maret lalu dalam kegiatan peningkatan softskills mahasiswa. Perpustakaan sebagai satu-satunya pihak yang berkolaborasi di dalam kegiatan ini  mendapatkan sambutan dan apresiasi yang baik dari peserta kegiatan.

Saat menyambangi stan, Plt. Kepala Balitbang Diklat Abu Rokhmad tertarik dengan beberapa buku yang menjadi buku favorit pameran. “Buku ini menarik sekali karena berisi beragam aliran, paham, dan gerakan keagamaan yang bermanfaat sebagai referensi dalam mengkaji lebih jauh kehidupan keagamaan di Indonesia,” komentar Abu Rokhmad sambil membuka-buka beberapa halaman dari buku tersebut.

Buku Ensiklopedia Pemuka Agama Nusantara yang merupakan produk momumental dari Puslitbang Lektur dan Khazanah Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, juga mencuri perhatian pengunjung pameran. Beragam tokoh dan pemuka agama Nusantara di entri dengan cukup informatif dalam buku setebal 7 jilid ini.

Kegiatan pameran seperti ini merupakan bentuk kolaborasi dan sinergi antar satuan kerja di Kementerian Agama yang saling menguntungkan. Kemeriahan acara pameran buku menjadi media dalam ikut menyukseskan dan mencapai tujuan kegiatan. Pameran produk kelitbangan seperti ini, selain sebagai promosi dan diseminasi hasil-hasil penelitian, juga menjadi ajang komunikasi dan perluasan jaringan untuk kebermanfaatkan produk lembaga secara luas. Perpustakaan ingin  menebar banyak informasi dan menuai beribu manfaat yang bisa diberikan kepada masyarakat luas.

Pada setiap kesempatan, Perpustakaan Balitbangdiklat turut memeriahkan pameran dengan memberikan doorprize berupa suvenir perpustakaan seperti jaket, kaos, thumbler, dan payung. Pengunjung yang berminat, setelah mengisi daftar pengunjung harus mem-follow instagram @perpuskemenagri. Selain itu mereka juga diminta untuk meng-uplode foto diri bersama salah satu koleksi buku perpustakaan disertai caption menarik tentang perpustakaan di media sosial masing-masing.

Perpustakaan juga menggelar quiz melalui aplikasi games yang bisa dimainkan pada perangkat android masing-masing pengunjung. Beberapa pertanyaan seputar Kementerian Agama atau tema yang sedang diseminarkan diajukan panitia dan dijawab secara online oleh pengunjung. Program quiz secara online ini sungguh menarik pengunjung dan menambah acara semakin semarak. “Terima kasih atas kerjasama ini. Sangat bermanfaat buku-buku dari Litbangdiklat Kemenag untuk mahasiswa kami,” ujar Umar Falahul Alam selaku kepala perpustakaan UIN Walisongo Semarang.[]

HAR/diad

Penulis: Hariyah
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI