Semarakkan Milad BQMI, Balitbangdiklat Selenggarakan 6 Kegiatan Secara Bersamaan

6 Mei 2015
Semarakkan Milad BQMI, Balitbangdiklat Selenggarakan 6 Kegiatan Secara Bersamaan

Jakarta (6 Mei 2015). "InsyaAllah kehadiran kita semua disini tidak sia-sia, karena Bapak dan Ibu dapat mengikuti minimal enam kegiatan yang kami lakukan secara bersamaan hari ini" demikian disampaikan oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat, Abd. Rahman Masud saat menyampaikan laporan panitia kegiatan Milad ke-18 Bayt Al-Quran dan Museum Istiqlal (BQMI) serta Promosi Produk Kelitbangan 2015.

Peringatan Milad BQMI yang dipusatkan di Gedung Bayt Al-Quran, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta diselenggarakan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran (LPMA), Rabu (6/5). LPMA merupakan unit pelaksana teknis di bawah Badan Litbang dan Diklat yang bertanggung jawab melakukan pengelolaan BQMI.

"Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2007, yakni pada masa kepemimpinan Bapak Maftuh Basyuni, yang menandai lahirnya unit kerja baru, yaitu Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pentashihan Mushaf Al-Quran dan mengelola BQMI" terang Masud.

Peringatan Milad ke-18 BQMI dan Promosi Kelitbangan 2015 terasa istimewa karena dihadiri oleh tokoh nasional. Selain Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang berkesempatan memberikan pengarahan, hadir pula Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay dan Direktur Taman Mini Indonesia Indah, Bambang Parikesit.

Hadir pula sejumlah tamu undangan yang terdiri dari para pejabat di lingkungan Kementerian Agama; Mantan Menteri Agama, Maftuh Basyuni; Guru Besar UIN Jakarta, Prof. Dr. H.M. Atho Mudxhar; Perwakilan Duta Besar negara sahabat; dan Qurays Syihab.

Sebagaimana dilaporkan oleh Masud, selain peringatan Milad ke-18 BQMI, Badan Litbang dan Diklat juga selenggarakan enam kegiatan lain. Diantaranya adalah: Pameran Berkala Museum dengan tema "Menelusuri Tinggalan Samudera Pasai"; Launching Pelayanan Pentashihan Berbasis Digital/Online; Launching E-book 39 Judul Buku dan Tafsir Tematik; Launching Pedoman Penggunaan Al-Quran Braille dalam Tiga Bahasa; Seminar dan Launching Laporan Tahunan Kehidupan Keagamaan; serta Seminar dan Launching Laporan Tahunan Pendidikan Agama dan Keagamaan.[]

ags/viks/ags

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI