Setiba di Indonesia, Menag Doakan Jemaah Haji Mendapat Predikat Mabrur

23 Jun 2024
Setiba di Indonesia, Menag Doakan Jemaah Haji Mendapat Predikat Mabrur
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat tiba di Tanah Air, Sabtu (22/6/2024).

Tangerang (Balitbang Diklat) --- Kepala Badan Litbang dan Diklat sekaligus Plh. Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Suyitno menyambut secara langsung kedatangan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dari Tanah Suci di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

 

Pada kesempatan itu Menag Yaqut menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah haji 1445 H/2024 M sejauh ini berjalan dengan baik dan lancar. Adapun ketidaksempurnaan dan kekurangan yang terdapat dalam pelaksanaan ibadah haji menjadi catatan penting untuk Kementerian Agama memperbaiki layanan pelaksanan haji ke depan.

 

"Ketidaksempurnaan dan kekurangan di sana-sini itu menjadi catatan dan ke depannya untuk bisa dievaluasi dan diperbaiki. Tetapi Alhamdulillah sejauh ini lancar dan tidak ada kendala yang berarti," ujar Menag Yaqut setiba di Tanah Air Indonesia, Sabtu (22/6/2024).

 

Lebih lanjut, Gus Men sapaan akrab Menag, menyampaikan pesan kepada jemaah haji yang akan bertolak kembali ke Indonesia. Menurutnya, menjaga fisik dan energi dalam perjalanan pulang menjadi hal yang penting mengingat jarak tempuh yang tidak sebentar.

 

"Jemaah haji yang akan pulang, fisik dan energi sudah tersita selama proses pelaksanaan haji, akan menempuh perjalanan cukup lama sekitar 9 jam. Saya harap jemaah haji juga menjaga fisiknya dengan baik," ucap Gus Men.

 

Terakhir, Gus Men juga menyampaikan harapan kepada jemaah haji yang kembali agar menjadi haji yang mabrur. "Sebentar lagi jemaah haji akan bertemu dengan keluarga, tentu kita semua mendoakan agar jemaah haji Indonesia mendapat predikat haji yang mabrur," pungkasnya.

 

(Nova Agung Krismauf/diad)

Penulis: Nova Agung Krismauf
Sumber: Kontributor
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI