Sinergitas Kemlu dan Kemenag: Moderasi Beragama Jadi Aset Diplomasi Indonesia

5 Okt 2024
Sinergitas Kemlu dan Kemenag: Moderasi Beragama Jadi Aset Diplomasi Indonesia
Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Siti Nugraha Mauludiah.

Jakarta (Balitbang Diklat)---Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyambut baik hadirnya Sekretariat Bersama (Sekber) Moderasi Beragama yang digagas Kementerian Agama. Sebab hal tersebut linear dengan program Dialog Lintas Agama Kemlu yang menjadi bagian dari soft diplomacy Indonesia.

 

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Siti Nugraha Mauludiah menyampaikan hal tersebut saat ditemui di sela-sela Peluncuran Sekber dan Aplikasi Pemantauan Implementasi Moderasi Beragama (API-MB). Kegiatan dihadiri Kementerian/lembaga terkait yang menjadi anggota Sekber MB.

 

“Kemlu telah melaksanakan pemanfaatan aset soft diplomacy yang dimiliki Indonesia, yaitu Moderasi Beragama. Tujuannya untuk merekatkan hubungan dengan negara-negara sahabat,” ungkap Dirjen Siti di Jakarta, Jumat (4/10/2024).

 

“Kami sudah mengadakan Dialog Lintas Agama dengan 34 negara sahabat,” imbuhnya.

 

Dirjen Siti berharap, dengan adanya Sekretariat Bersama, bisa menjadi tambahan aset bagi diplomasi Indonesia, terutama dalam hal menyebarluaskan dan mempromosikan moderasi beragama di negara lain.

 

“Indonesia sudah menjadi contoh yang baik dalam pelaksanaan moderasi beragama. Ini sebagai salah satu set berharga diplomasi negara kita,” pungkasnya.

 

(Dewi Indah Ayu)

Penulis: Dewi Indah Ayu D.
Sumber: Sekretariat Badan
Editor: Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI