Stan BLA Semarang di Conference Xtra, Ramai Pengunjung!

13 Agt 2024
Stan BLA Semarang di Conference Xtra, Ramai Pengunjung!
Stan BLA Semarang menarik banyak perhatian dalam pameran yang berlangsung di Surabaya, Selasa (13/8/2024).

Surabaya (Balitbang Diklat)---Stan BLA Semarang menarik banyak perhatian dalam pameran Conference and Expose on Training (Conference Xtra) yang berlangsung di Surabaya. Ratusan pengunjung antusias mengunjungi stan ini untuk melihat naskah-naskah kuno berusia sekitar 50 tahun lebih. 

 

Kepala Balai Litbang Agama Semarang Muhaemin menyebutkan bahwa pameran ini menampilkan produk penelitian dari bidang Lektur, Bimas, dan Pendidikan.

 

"Pengunjung bisa memiliki produk penelitian dengan syarat, seperti mengisi daftar hadir dan mengikuti akun media sosial BLA Semarang," ujar di Surabaya, Selasa (13/8/2024).

 

Menurut Muhaemin, mayoritas pengunjung stan BLA Semarang adalah mahasiswa dan guru, serta beberapa dari Widyaiswara yang antusias mendapatkan buku hasil penelitian.

 

"Alhamdulillah, stan BLA Semarang berhasil mencuri perhatian dan menjadi salah satu daya tarik utama dalam pameran kali ini," tegas Muhaemin.

 

Senada dengan hal tersebut, Kusabbag TU Nanang Slamet Murdiyat mengungkapkan bahwa stan BLA Semarang selalu ramai pengunjung sejak pameran dibuka. Beberapa produk unggulan yang dipamerkan antara lain katalog naskah keagamaan Madura, manuskrip karya KH. Akhmad Rifai'i Kalisalak dari Kendal, dan jejak manuskrip keagamaan Bali.

 

"Jumlah pengunjung ini benar-benar di luar perkiraan kami, yang menunjukkan bahwa produk yang kami tawarkan sangat diminati masyarakat," kata Nanang.

 

Selain memamerkan hasil penelitian, stan ini juga menyediakan aktivitas menarik, seperti tantangan membaca kitab beraksara Arab pegon dalam bahasa Jawa.

 

"Bagi yang berhasil menyelesaikan tantangan, kami memberikan hadiah berupa buku hasil penelitian," jelas Nanang.

 

Salah satu pengunjung, mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya Ardiansyah, mengaku senang dengan informasi dan pengalaman yang didapatkan di stan BLA Semarang.

 

"Saya datang untuk melihat naskah kuno dari Madura dan mencoba membacanya. Ternyata banyak naskah yang menarik untuk dijadikan bahan penelitian skripsi," kata Ardiansyah.

 

(Fathurrozi)

Penulis: Fathurozzi
Sumber: BLA Semarang
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI