Stan Pameran Balitbang Diklat Sarana Inspiratif Tingkatkan Literasi Al-Quran

7 Jan 2024
Stan Pameran Balitbang Diklat Sarana Inspiratif Tingkatkan Literasi Al-Quran
"Follow the Line" atau belajar menebalkan ayat Al-Qur'an pada poster mushaf Istiqlal, di Jakarta, Minggu (7/1/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Stan Pameran Balitbang Diklat pada Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama tidak hanya menjadi sarana untuk ekspos berbagai produk unggulan, tetapi juga membuka pintu bagi para pengunjung untuk meningkatkan keterampilan menulis Al-Qur'an dengan baik.

 

Salah seorang pengunjung stan Balitbang Diklat, Rosita (MAN 12 Jakarta), mengatakan momen seperti ini memberikan peluang emas untuk meningkatkan kemampuannya dalam menulis Al-Qur'an dengan penuh dedikasi.

 

"Saya selama ini sering menulis Al-Qur'an, tetapi kadang-kadang tanpa sambil membaca sumbernya. Seringkali, kita tidak menyadari bahwa menulis Al-Qur'an dengan benar melibatkan pemahaman mendalam tentang kontennya," ungkap Rosita di Jakarta, Minggu (7/1/2023).

 

Menyadari pentingnya menulis Al-Qur'an sambil membaca sumbernya, Rosita menyaksikan orang-orang yang benar-benar mendalami cara menulis Al-Qur'an dengan seksama. Kehadiran acara "Follow the Line" atau belajar menebalkan ayat Al-Qur'an di pameran ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat untuk berlatih cara menulis Al-Qur'an yang baik dan benar.

 

"Saya berharap adanya kegiatan ini dapat menambah semangat masyarakat untuk lebih peduli dan berlatih menulis Al-Qur'an dengan penuh penghayatan," ujar Rosita dengan penuh semangat.

 

Balitbang Diklat sendiri diharapkan dapat memberikan ruang dan kesempatan sebanyak mungkin kepada masyarakat untuk mengedukasi cara menulis Al-Qur'an yang baik dan benar. Keterlibatan masyarakat dalam kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih peduli terhadap keindahan dan kedalaman Al-Qur'an.

 

Tak hanya itu, pameran ini juga menarik perhatian pengunjung dengan adanya "Al-Qur'an Isyarat". Di sana, para pengunjung dapat mengenal dan belajar huruf Hijaiyah Braille dan Isyarat, memberikan dimensi baru dalam memahami keindahan Al-Qur'an bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan.

 

Dengan segala inovasi dan kegiatan edukatif yang ditawarkan, pameran Balitbang Diklat tidak hanya menjadi tempat belajar, tetapi juga ajang untuk menggali lebih dalam keindahan dan kedalaman Al-Qur'an bagi masyarakat. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus memperkaya pemahaman masyarakat tentang Al-Qur'an yang indah dan penuh hikmah. (Barjah/bas/sri)

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI