Sukses! Ekspansi Moderasi Beragama Menuju Eropa dan Timur Tengah

11 Feb 2024
Sukses! Ekspansi Moderasi Beragama Menuju Eropa dan Timur Tengah
Kaban Suyitno pada Rapat Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2024 di Jakarta, Minggu (11/2/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, Suyitno, mengumumkan langkah ekspansi program moderasi beragama (MB) di luar Kementerian/Lembaga (K/L) Kemenag. Menurutnya, langkah ini telah dimulai dengan sukses di London dan Australia pada 2023.

 

Suyitno menyampaikan rencana ini dalam Rapat Kerja Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Tahun 2024 di Jakarta. Dalam acara tersebut, yang dipandu Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi, Suyitno menyoroti pentingnya peningkatan kompetensi SDM pegawai Kemenag RI.

 

"Kita telah melakukan ekspansi moderasi beragama di luar K/L Kemenag, plus diaspora yang sudah dimulai di London dan Australia. Ke depannya akan kita rencanakan untuk Timur Tengah dan Eropa," ujar Suyitno di Jakarta, Minggu (11/2/2024).

 

Menurutnya, penguatan moderasi beragama tidak hanya sebatas masalah diklat, melainkan juga memerlukan berbagai inovasi. "MB yang efektif itu adalah MB yang berbasis grounded. Penguatan moderasi beragama efektif melalui film," tambahnya.

 

Suyitno juga mengungkapkan bahwa Balitbang Diklat telah bekerja sama dengan aktor kenamaan Dedy Mizwar dan Universitas Indonesia dalam mengompetisikan film pendek. Hasil dari kompetisi itu engagement-nya luar biasa di kalangan gen Z.

 

Langkah ekspansi ini menunjukkan komitmen Balitbang Diklat dalam memperkuat moderasi beragama. Tidak hanya dalam skala nasional, tetapi juga internasional. Dengan demikian, diharapkan program ini dapat memberikan dampak positif yang lebih luas dalam menjaga keberagaman dan kerukunan umat beragama. (Barjah/bas/sri)

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI