Supervisor Tidak Hanya Menilai, Tapi Juga Mengevaluasi

9 Jun 2023
Supervisor Tidak Hanya Menilai, Tapi Juga Mengevaluasi
Kegiatan Penilaian Buku Pendidikan Agama di Bintaro, Kamis (8/6/2023) malam. (Foto: Cepi)

Bintaro (Balitbang Diklat)---Tahapan proses Penilaian Buku Pendidikan Agama terus dilakukan. Dalam tahapannya, diperlukan campur tangan dari berbagai pihak untuk dapat melanjutkan penyelesaian buku ini, salah satunya supervisor.

“Supervisor bertugas menilai tim penilai berdasarkan data yang ada di buku, tak hanya itu, supervisor juga melakukan evaluasi dari waktu ke waktu,” ungkap Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Arskal Salim GP di Bintaro, Kamis (9/6/2023) malam.

Pada kegiatan Penilaian Buku Pendidikan Agama 2023 tersebut, Kapus Arskal mengimbau agar supervisor melakukan pertemuan khusus untuk melakukan evaluasi tim penilai. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kinerja tim penilai dan mempertimbangkan perekrutan kembali di tahun yang akan datang.

“Kami berharap akan ada pertemuan khusus antar supervisor untuk melakukan evaluasi tim penilai. Siapa-siapa saja kemarin yang malas, siapa-siapa saja yang kerjanya last minute, itu nanti ketahuan semua,” kata pria yang juga menjabat sebagai Plt. Sekretaris Balitbang Diklat ini.

”Kita akan memberikan tanda catatan, sehingga nanti bisa jadi pertimbangan ketika rekrutmen kembali di tahun yang akan datang,” lanjutnya.

Kapus Arskal berharap agar semua sudah selesai submit per akhir Juni, sehingga supervisor sudah memproses dokumennya secara lengkap. ”Jangan sampai terdapat supervisor yang dokumennya tidak lengkap,” tuturnya.

Dokumen tersebut, lanjutnya, akan dijadikan bukti bahwa supervisor telah melakukan penilaian dan akan dijadikan portofolio. “Nantinya, dokumen tersebut juga menjadi syarat dalam pencairan honor,” pungkasnya mengakhiri paparannya.

(bunga monika/diad)

Penulis: Bunga Monika
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI