Suyitno Hadiri Peringatan ke-31 Komnas HAM

11 Jun 2024
Suyitno Hadiri Peringatan ke-31 Komnas HAM
Kepala Balitbang Diklat Kemenag Suyitno menghadiri peluncuran Laporan Tahunan Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) 2023 di kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat. Senin (10/6/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Suyitno menghadiri peluncuran Laporan Tahunan Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) 2023 di kantor Komnas HAM RI Jakarta Pusat. Acara ini merupakan bagian dari peringatan HUT Ke-31 Komnas HAM yang jatuh pada 7 Juni 2024.

 

Ditemui di sela acara, Kaban Suyitno mengatakan bahwa dalam konteks masyarakat yang multikultural, moderasi beragama memainkan peran penting dalam menjaga pluralitas. “Toleransi harus dijunjung tinggi agar segala perbedaan menjadi kekayaan keragaman,” ujarnya di Jakarta, Senin (10/6/2024).

 

Menurut Suyitno, HAM dan moderasi beragama memiliki hubungan yang erat dalam upaya menciptakan masyarakat yang harmonis dan toleran. Penerapan prinsip-prinsip HAM dalam kehidupan beragama menjadi landasan penting untuk mendorong terciptanya kebebasan beragama yang inklusif dan menghindari diskriminasi atas dasar keyakinan.

 

“Penguatan moderasi beragama dan penerapan prinsip-prinsip HAM adalah kunci untuk mencapai keharmonisan sosial. Dengan mempromosikan nilai-nilai toleransi, penghormatan terhadap perbedaan, dan kebebasan beragama, masyarakat dapat hidup berdampingan secara damai dan saling mendukung,” ucap Plh. Sekjen Kemenag ini.

 

Sebelumnya, Ketua Komnas HAM RI Atnike Nova Sigiro dalam sambutannya menyatakan bahwa Komnas HAM hadir untuk merespons situasi HAM di Indonesia, sebagai keterkaitan dari dinamika dalam negeri maupun luar negeri.

 

“Sebagai bangsa, Indonesia terus bertumbuh setiap tahunnya. Namun, pertumbuhan ini tidak lepas dari berbagai tantangan dan persoalan, baik yang berkelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya maupun yang baru sebagai bangsa,” tuturnya.

 

Meskipun tahun 2023 telah dilalui dengan cukup baik, Atnike melihat sejumlah situasi yang perlu menjadi catatan agar kita dapat melangkah lebih baik ke depan, khususnya bagi Komnas HAM dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

 

“Merespons berbagai situasi dan tantangan, Komnas HAM merumuskan dan melaksanakan sejumlah tugas dan fungsinya melalui berbagai program yang tersaji dalam laporan tahunan Komnas HAM 2023,” ungkapnya.

 

Kegiatan itu juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, di antaranya Ketua LPSK, Ketua KPAI, perwakilan Kemenlu, perwakilan Kementerian ATR/BPN, TNI/Polri, Ditjen Perencanaan Pertahanan Kemhan, perwakilan Kedutaan Besar Ukraina, dan Staf Ahli Menaker.

 

(Barjah/diad/Sr)

Penulis: Barjah
Sumber: Kontributor
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI