Tidak Kurang dari 15 Kementerian/Lembaga Terlibat Aktif dalam Rakornas MB

8 Mar 2024
Tidak Kurang dari 15 Kementerian/Lembaga Terlibat Aktif dalam Rakornas MB
Kaban Suyitno pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Moderasi Beragama (MB), yang diselenggarakan Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Moderasi Beragama (MB), yang diselenggarakan Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, diikuti tidak kurang dari 15 kementerian dan lembaga pemerintah yang terlibat aktif dalam perhelatan akbar tersebut. Acara ini dihadiri berbagai pemangku kepentingan dari tingkat nasional hingga provinsi.

 

Menurut Kepala Balitbang Diklat Kementerian Agama RI, Suyitno, dari data registrasi kepanitiaan, tercatat mencapai 270 peserta dari berbagai kementerian dan lembaga pemerintah serta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dari 11 provinsi. “Hal ini menandakan keseriusan dalam menguatkan moderasi beragama sebagai landasan harmoni sosial,” ujar Suyitno di Jakarta, Jumat (8/3/2024).

 

Para peserta dari tingkat nasional termasuk perwakilan dari Kemenko PMK, Kemenkopolhukam, Kemenko Perekonomian, Kemenko Marves, Kemendagri, Kementerian Kominfo, Kementerian Kementerian PPA, Kemenkumham, Kemensos, Kemendikbudristek, serta Kejaksaan Agung, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

 

Selain itu, turut hadir juga perwakilan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kantor Staf Presiden (KSP), Sekretariat Wakil Presiden, serta sejumlah perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

 

Menyadari pentingnya kolaborasi lintas sektor dalam memperkuat moderasi beragama, Rakornas ini juga dihadiri Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dari 11 provinsi, termasuk Provinsi Maluku, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Papua Tengah, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

 

Partisipasi aktif dari berbagai kementerian, lembaga pemerintah, dan Kesbangpol provinsi menegaskan komitmen bersama untuk memperkuat nilai-nilai moderasi beragama sebagai upaya nyata dalam mewujudkan harmoni sosial dan keberagaman di Indonesia. (Barjah/bas/sri)

   

 

Penulis: Barjah
Sumber: Barjah
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI