Tim Perpustakaan Balitbang Diklat Mengunjungi Perpustakaan MUI

16 Jun 2021
Tim Perpustakaan Balitbang Diklat Mengunjungi Perpustakaan MUI

Selasa (15 Juni 2021). Pengelola Perpustakaan Balitbang Diklat Kementerian Agama mengunjungi perpustakaan Majelis Ulama Indonesia di Jakarta. Kunjungan membawa misi untuk kemajuan institusi.

“Misi kami berkunjung ke perpustakaan MUI untuk studi banding yakni melihat tata kelola perpustakaan lainnya. Harapannya dapat kami terapkan untuk kemajuan institusi,” kata Sub koordinator Rois Mustofa sebagai pimpinan tim, Selasa (15/6/2021). Setelah berbincang untuk perkenalan dan menyampaikan maksud kedatangan, tim menelusur lebih lanjut apa dan seperti apa perpustakaan MUI.

Pengelolaan Perpustakaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) berada di bawah Lembaga Pentashih Buku dan Konten Keislaman (LPBKI). Hal ini merupakan hasil Munas MUI untuk kepengurusan 2020-2025.

Menempati ruangan kecil di lantai dasar belakang kantor pusat MUI Jl. Proklamasi Jakarta Pusat, tidak menyurutkan langkah para pengelola untuk terus menghidupkan perpustakaan. Di balik sederhananya bangunan terungkap sejarah yang cukup panjang dan bernilai bagi perkembangan organisasi MUI itu sendiri.

Wasekjen LPBKI Mustafa Hilmi bertutur bahwa kantor MUI sudah empat kali berpindah. Mulai dari lokasi di Masjid Al azhar, Masjid Istiqlal, dan terakhir di kantor yang sekarang.

Sempat disinggung pula bagaimana perpustakaan MUI melestarikan produk-produk MUI seperti berkas fatwa MUI dan hal-hal lain terkait. “Dulu pernah dibuat buku kumpulan fatma MUI dari awal fatwa tahun 1975. Selain itu, pernah disusun pula perjalanan sejarah perhajian di Indonesia,” ujar Kyai Hilmi.

Menurut Kyai Hilmi, pengelolaan perpustakaan yang baik akan memberikan oleh-oleh sejarah bagi generasi mendatang. “Kedepannya akan diusahakan pengelolaan yang lebih baik untuk produk dan koleksi buku/naskah MUI dan naskah Keislamanan,” ungkapnya.

Selain itu, sempat terlontar pula dari kedua pihak mengenai peluang kerjasama kelembagaan maupun teknis. Perpustakaan Balitbang Diklat menyambut baik peluang kerja sama tersebut. Disamping itu, disampaikan pula beberapa project terdekat yang dapat digarap bersama.

Pada akhir pertemuan dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Ali M.D agar segala yang menjadi harapan dapat dikabulkan, khususnya Perpustakaan Balitbang Diklat yang sedang ada hajat untuk mendapatkan ortaker baru sebagai Pusat Perpustakaan Kementerian Agama.[]

Rois Mustofa/diad

Penulis: Rois Mustofa
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI