Tingkat Orisinalitas Tinggi, Rata-Rata Skor Turnitin Buku PAI dan Budi Pekerti SLB di Bawah 10%

30 Sep 2024
Tingkat Orisinalitas Tinggi, Rata-Rata Skor Turnitin Buku PAI dan Budi Pekerti SLB di Bawah 10%
Jerry, Ketua Tim PBPA memberikan tanggapan terkait hasil laporan progress verifikasi turnitin di Bogor, Minggu (29/9/2024).

Bogor (Balitbang Diklat)---Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk Sekolah Luar Biasa (SLB) telah memulai debutnya dalam program Penilaian Buku Pendidikan Agama (PBPA) yang laksanakan Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Balitbang Diklat Kementerian Agama RI.

 

Buku ini merupakan salah satu perwujudan inovatif Direktorat Pendidikan Agama Islam (PAI) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Pendis) dalam penyusunan materi ajar yang dirancang secara spesifik untuk siswa SLB.

 

Buku Pendidikan Khusus ini berhasil melewati tahap verifikasi Turnitin di Bogor dengan hasil yang sangat baik. Hal ini menunjukkan tingkat orisinalitas tinggi dan minim plagiarisme. Meskipun pertama kalinya materi ini disusun dengan pendekatan khusus untuk SLB, hasil verifikasi yang memuaskan menjadi indikasi kuat bahwa penyusunan materi dilakukan secara teliti dan profesional.

 

Berdasarkan laporan sementara tim Verifikasi Turnitin pada 28 September 2024, rata-rata skor turnitin untuk Buku Pendidikan Khusus ini di bawah 10%. Ini menunjukan hasil sangat baik mengingat passing score similarity untuk kelayakan buku adalah 25%.

 

Menurut Jerry selaku Ketua Tim PBPA, proses verifikasi buku melalui Turnitin merupakan bagian integral dari evaluasi. Tujuannya untuk memastikan bahwa buku-buku yang disusun dan diimplementasikan bebas dari konten plagiarisme dan mengikuti standar akademik yang tinggi.

 

 "Tentunya kami sangat bangga bahwa buku ini, meskipun baru pertama kali disusun secara spesifik untuk SLB, berhasil melewati verifikasi Turnitin dengan baik. Ini menunjukkan kualitas penyusunan yang benar-benar memperhatikan orisinalitas dan relevansi konten," ujar Jerry pada kegiatan Pelaporan Progress Verifikasi Turnitin di Bogor, Minggu (29/9/2024).

 

Jerry menyampaikan harapan bahwa Buku Pendidikan Khusus ini dapat melalui tahap selanjutnya dengan hasil memuaskan juga. “Walau hasil Turnitinnya sudah sangat bagus, semoga pada tahap selanjutnya buku ini dapat menunjukkan output penilaian yang sangat baik juga,” ungkapnya.

 

Program PBPA bertujuan untuk memastikan bahwa buku-buku pendidikan agama yang digunakan di sekolah-sekolah sesuai dengan nilai-nilai keagamaan, serta mendukung pembentukan karakter positif bagi siswa. Dengan keberhasilan buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SLB ini, diharapkan ke depan semakin banyak karya berkualitas yang mampu memenuhi kebutuhan pendidikan agama yang inklusif di seluruh Indonesia. (Rheka Humanis Degawan)

 

 

 

Penulis: Rheka. H
Sumber: Rheka
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI