Tingkatkan Kapasitas Widyaiswara, Pusdiklat Selenggarakan Temu Karya Ilmiah

11 Jun 2015
Tingkatkan Kapasitas Widyaiswara, Pusdiklat Selenggarakan Temu Karya Ilmiah

Jakarta (11 Juni 2015). Dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas karya tulis ilmiah, Pusdiklat Tenaga Administrasi selenggarakan Temu Karya Ilmiah Nasional. Kegiatan yang dibuka tanggal 10 Juni 2015, sebagaimana jadwal yang dirilis oleh panitia akan berakhir pada tanggal 13 Juni 2015.

Tidak hanya Widyaiswara di lingkungan Kementerian Agama yang berkesempatan mengikuti kegiatan ini. Widyaiswara dari instansi lain, seperti Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Kementerian Perdagangan juga ambil bagian pada kegiatan ini.

Acara yang diselenggarakan di Kampus Pusdiklat, Ciputat juga diikuti oleh pejabat struktural, dosen, dan kepala madrasah. Kepala Badan Litbang dan Diklat, Abd. Rahman Masud berkesempatan membuka secara resmi.

Dalam sambutannya, Masud memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya, widyaiswara sebagai komunitas masyarakat akademik harus selalu mengasah dan meningkatkan kemampuannya, terutama dalam hal penulisan karya tulis ilmiah.

Penulisan karya tulis ilmiah merupakan keahlian yang harus melekat pada widyaiswara disamping kemampuan berbicara di depan kelas. “Secara umum, menulis menjadi kendala bagi sebagian besar masyarakat dunia ketiga, termasuk Indonesia. Namun demikian,  widyaiswara sebagai bagian dari masyarakat akademik harus memiliki keahlian dalam hal tulis-menulis, terutama menulis karya ilmiah," ujarnya.

Menurut Masud, menulis karya ilmiah memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Menulis karya ilmiah tidak hanya menuangkan serangkaian kata-kata ke dalam bentuk tulisan.“Karya Ilmiah tidak hanya menjabarkan fakta yang terjadi di masyarakat. Karya ilmiah juga harus mampu menjabarkan fakta-fakta empiris tersebut ke dalam karya yang memenuhi kaidah-kaidah penulisan ilmiah," papar Masud.

Di akhir sambutannya, Masud berpesan agar peserta dapat fokus dan serius dalam mengikuti kegiatan Temu Karya Ilmiah Nasional. “Semoga kegiatan ini dapat memperkaya wawasan dan meningkatkan kemampuan widyaiswara dalam membuat karya tulis ilmiah," tutupnya.[]

Ags/viks/rin/ags

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI