Tingkatkan Kompetensi Widyaiswara dengan Refreshment dan Upgrading Pendidikan

1 Apr 2023
Tingkatkan Kompetensi Widyaiswara dengan Refreshment dan Upgrading Pendidikan

Palembang (Balitbang Diklat) --- Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Prof. Suyitno menyoroti potensi widyaiswara. Menurutnya, widyaiswara memiliki potensi yang sangat besar, namun sering terlena dengan kesibukan mengajar.

“Tentunya dengan jam terbang yang tinggi dalam mengajar akan menghasilkan widyaiswara yang luar biasa. Namun, saat ini widyaiswara masih kurang sentuhan, motivasi, dan refreshment (penyegaran),” ujar Kaban Suyitno mengawali arahannya saat memberikan Pembinaan Pegawai di BDK Palembang, Jumat (31/3/2023).

Ia mengumpamakan widyaiswara seperti sebuah laptop yang memiliki kehebatan dan kecanggihan. Namun, sehebat dan secanggih apapun laptop jika tidak di-upgrade dan refresh tentu tidak mustahil akan menjadi lambat bahkan “hang".

“Manusia juga seperti itu. Tidak selamanya kita berada pada posisi ‘On The Top’ terkadang di posisi low. Maka sebagai manusia, kita membutuhkan refreshment dan upgrading ilmu untuk peningkatan kompetensi,” lanjut Suyitno.

Lebih lanjut, Kaban Suyitno membandingkan widyaiswara dengan guru dan dosen yang notabene difasilitasi untuk meningkatkan kompetensi. Widyaiswara layaknya guru dan dosen yang perlu meng-upgrade ilmunya. Misalnya saja guru, ada program PKG-PKB dan dosen melaksanakan short course atau pengabdian masyarakat yang dibiayai oleh DIPA.

“Pantas bila dikomparasi antara pendidik di madrasah dan kampus, mereka tidak larut asyik dalam mengajar saja, tetapi mengembangkan kompetensinya dengan berbagai kegiatan. Kita tidak ingin ada image setelah mengikuti pelatihan, para alumni tidak mendapatkan apa-apa,” ujar pria kelahiran Tulungagung ini.

Oleh karenanya, Suyitno menyampaikan kabar gembira bagi para widyaiswara. Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI akan membuat program bantuan Pendidikan S3 bagi widyaiswara.

“Widyaiswara wajib menempuh pendidikan S3. Kami akan buatkan program bantuan pembiayaan. Selain itu, akan diskemakan short course untuk widyaiswara baik di dalam maupun luar negeri,” ungkap Suyitno.

Pembinaan tersebut bertempat di Ruang Rapat BDK Palembang. Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BDK Palembang Saefudin dan Kasubbag Tata Usaha BDK Palembang Mukmin, serta pegawai BDK Palembang.

Sri Rahayu/diad

 

Penulis: Sri Rahayu
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI