Tingkatkan Minat Baca Anak Didik, MTsN 28 Jaktim Kunjungi Perpustakaan Balitbang Diklat

16 Jan 2024
Tingkatkan Minat Baca Anak Didik, MTsN 28 Jaktim Kunjungi Perpustakaan Balitbang Diklat
Siswa MTsN 28 Jakarta Timur mengunjungi Perpustakaan Balitbang Diklat di Jakarta, Selasa (16/01/2024).

Jakarta (Balitbang Diklat)---MTsN 28 Jakarta Timur melakukan langkah konkret dalam meningkatkan minat baca dan kecintaan terhadap karya sastra dengan menggelar kunjungan ke Perpustakaan Balitbang Diklat Kementerian Agama RI. Tampak lebih dari 50 siswa turut serta dalam acara yang edukatif tersebut.

Erna Sari Agusta, sebagai guru, kepala perpustakaan, dan ketua tim gerakan literasi madrasah menjelaskan bahwa kegiatan literasi di MTSN 28 telah berlangsung sejak pandemi COVID-19. "Kegiatan literasi ini menjadi sangat penting untuk menghadapi keterbatasan sumber bacaan di rumah,” ujar Erna di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

“Oleh karena itu, kami membawa siswa untuk berkunjung ke perpustakaan, termasuk Perpustakaan Kementerian Agama, guna mencari informasi terkait moderasi beragama," imbuhnya.

Kunjungan tersebut memberikan kesempatan kepada siswa untuk menambah referensi bahan bacaan, khususnya dalam bentuk digital. Erna juga berharap adanya kerja sama antara madrasah dan perpustakaan Balitbang Diklat untuk mengadakan kegiatan bermanfaat, seperti workshop penulisan bagi siswa.

Salah satu siswa kelas IX, Sakya Hafinawa menyatakan kesan positifnya terhadap kunjungan tersebut. Ia menganggap moderasi beragama sebagai topik menarik yang perlu diketahui banyak orang. "Ini adalah salah satu pengalaman yang akan saya simpan hingga lulus," kata Sakya.

Sementara itu, Pustakawan Balitbang Diklat Hariyah, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari literasi untuk siswa madrasah. "Mereka diharapkan memiliki kebiasaan membaca, terutama mengenai moderasi beragama. Kami memiliki koleksi tentang moderasi beragama baik dalam bentuk teks maupun komik," ungkap Hariyah.

Hariyah juga menginformasikan bahwa untuk memudahkan akses, para siswa diminta untuk menginstal aplikasi Mora Digilib. Aplikasi ini memuat berbagai buku moderasi beragama yang dapat diakses tanpa terbatas waktu dan tempat.

Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah positif dalam meningkatkan literasi siswa, membuka wawasan tentang moderasi beragama, dan turut memperkaya koleksi perpustakaan madrasah. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh kuis edukatif melalui kahoot yang dibimbing oleh Pustakwan Balitbang Diklat Kemenag RI, Nur Rochmah.

Barjah/diad

Penulis: Barjah
Sumber: -
Editor: Dewi Indah Ayu/Sri
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI