Tingkatkan Pelayanan Publik, Pusbangkom MKMB Gelar Bimtek Hospitality
Ciputat (BMBPSDM)---Kepala Bagian Tata Usaha Pusat Pengembangan Kompetensi Manajemen, Kepemimpinan dan Moderasi Beragama (Pusbangkom MKMB) Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM) Kementerian Agama Nilam Nur Azizah menyampaikan pentingnya meningkatkan mutu pelayanan publik dalam sebuah organisasi.
“Bimtek ini terkait dengan keramahtamahan untuk meningkatkan pelayanan publik di Pusbangkom MKMB. Dengan perubahan nama organisasi yang baru, harapannya kita semua mengupgrade diri salah satunya dengan mengikuti bimtek ini,” ujar Nilam saat memberikan sambutan pada Bimbingan Teknis Hospitality dalam Pelayanan Publik bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Pusbangkom MKMB di aula KH. Saefudin Zuhri Pusbangkom MKMB, Kamis (19/12/2024).
Kita semua, lanjut Nilam, dituntut untuk memiliki jiwa hospitality, sikap ini harus menjadi budaya terutama bagi pegawai yang berada pada posisi terdepan dalam pelayanan langsung kepada masyarakat (tamu dan peserta diklat), karena mereka merupakan cerminan citra instansi dan pemerintah.
“Jiwa hospitality atau keramahan adalah sikap baik hati, bahasa menarik, tutur kata dan sikap dalam melaksanakan tugas khususnya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” jelasnya.
Karena menurut Nilam, pelayanan yang diberikan mulai dari sebelum kedatangan, saat kedatangan, saat tamu sudah hadir, sampai dengan tamu pulang dari kantor kita.
Nilam juga mengatakan bimtek hospitality merupakan bagian dari komitmen Pusbangkom MKMB dalam meningkatkan kompetensi PPNPN agar mampu memberikan pelayanan yang tepat, cepat dan penuh tanggung jawab.
“Tidak hanya melayani dengan ramah, juga dapat menyelesaikan keluhan dan memberi solusi,” ujarnya.
“Pengetahuan dan keterampilan yang didapat melalui bimtek ini kelak menjadi modal dalam memperkuat etos kerja, menjadikan prinsip hospitality sebagai landasan dalam memberikan pelayanan public terbaik,” tutupnya.
Dalam tahapan pembelajaran, fasilitator juga berupaya menerapkan Personalised Learning kepada para peserta. Misalnya fasilitator berupaya mengumpulkan data tentang peserta terkait goal setting, data, dan pengalaman peserta.
Bimtek hospitality diikuti 21 PPNPN Pusbangkom MKMB. Sebagai fasilitator widyaiswara Pusbangkom MKMB Neneng Maria Kiptyah dan Yulianti.
(Rahmi Siregar)