Training of Trainer Upaya Regenerasi Pengajar

3 Apr 2023
Training of Trainer Upaya Regenerasi Pengajar

Ciputat (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) Penilaian Kinerja PNS dan Analisis Sosial Media.

Training of Trainer di Pusdiklat Tenaga Administrasi  ditujukan bagi para widyaiswara yang ingin menjadi pengajar pada Pelatihan Teknis Penilaian Kinerja PNS dan Pelatihan Teknis Analisis Sosial Media. Pelatihan ini juga merupakan upaya yang dilakukan oleh Pusdiklat untuk mengatasi kekurangan dari tenaga pengajar yang sudah ada.

Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi’i mengungkapkan Training of Trainers adalah untuk melibatkan pelatih dalam melatih pelatih baru yang tidak berpengalaman dengan topik tertentu atau keterampilan, atau dengan pelatihan secara keseluruhan.

“Dengan berkembangnya transformasi birokrasi maka makin banyak bermunculan jabatan fungsional baru yang harus mendapatkan pelatihan guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki,” ujar Syafi’i di Pusdiklat Tenaga Administrasi, Senin (3/4/2023).

“Setelah mengikuti Training of Trainer diharapkan para widyaiswra dapat mengajar dan memberikan pelatihan kepada jabatan fungsional baru,” imbau Kapus.

Kapus juga mengharapkan agar widyaiswara terus meng-upgrade diri karena widyaiswara memiliki potensi yang sangat besar, namun sering terlena dengan kesibukan mengajar. “Terus asah kemampuan yang sudah dimiliki karena tugas widyaiswara juga untuk merespon para jabatan fungsional baru,” tegasnya.

“Para widyaiswara harus mempelajari materi pelatihan dengan baik dan spesifik, agar proses pelatihan dapat berjalan dengan sangat baik,” pesannya.

Oleh karenanya, bangun komunikasi yang jelas antara pelatih dan peserta. Jangan sampai peserta pelatihan tidak mengerti sama sekali atau merasa kesulitan untuk menangkap semua informasi yang diberikan oleh pelatih.

“Untuk itu seorang trainer harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar semua pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta,” lanjut Syafi’i.

Training of Trainer Penilaian Kinerja PNS dan Analisis Sosial Media akan berlangsung dari tanggal 3 s.d 12 April 2023 di Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Peserta berjumlah 60 orang terdiri dari 58 widyaiswara dan dua orang pranata humas.

(RS/diad)

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI