Verifikasi Pertanggungjawaban Keuangan Secara Online, Mudah Dipantau dan Akuntabel

27 Feb 2023
Verifikasi Pertanggungjawaban Keuangan Secara Online, Mudah Dipantau dan Akuntabel
Nani Sutiati, Koordinator Bagian Keuangan Sekretariat Balitbang Diklat Kemenag, pada kegiatan Bimbingan Teknis dan Pengumpulan Kebutuhan User Aplikasi SIRA di Banyuwangi, Senin (27/02/2023).

Banyuwangi (Balitbang Diklat)---Pelaksanaan verifikasi dokumen pertanggungjawaban keuangan pada Balitbang Diklat Kemenag, dilakukan dengan menggunakan sistem verifikasi online pada aplikasi Sistem Informasi Realisasi Anggaran (SIRA).

“Proses verifikasi laporan pertanggungjawaban keuangan bagi seluruh unit kerja pada satker Badan Litbang dan Diklat tersebut, agar lebih mudah dipantau dan akuntabel,” ujar Nani Sutiati Koordinator Bagian Keuangan Sekretariat Balitbang Diklat Kemenag pada kegiatan Bimbingan Teknis dan Pengumpulan Kebutuhan User Aplikasi SIRA di Banyuwangi, Senin (27/02/2023).

Menurut Nani, penggunaan sistem verifikasi online tersebut merupakan salah satu rekomendasi pada Notisi Hasil Audit Kinerja Balitbangdiklat oleh Inspektorat Jenderal pada November 2022 silam.

Dikatakan Nani, peningkatan pengawasan internal aspek keuangan sebagai salah satu area perubahan dalam Program Reformasi Birokrasi Balitbang Diklat, sesuai dengan Surat Keputusan Nomor 30 Tahun 2020 tentang Roadmap Reformasi Birokrasi Badan Litbang dan Diklat Tahun 2020-2024. “Verifikasi keuangan merupakan salah satu aspek pengawasan internal dalam program tersebut,” ungkapnya.

Selama ini, kata Nani, aplikasi SIRA telah terbukti membantu pengelola keuangan dan tim Bagian Keuangan dalam proses pencairan anggaran, sebelum diajukan melalui SAKTI. Oleh karena itu, pelatihan aplikasi SIRA juga brainstorming pengembangan menu dan fungsi aplikasi SIRA ke depannyaperlu ditingkatkan.

Dilaksanakannya kegiatan ini, menurut Nani, guna memberikan pelatihan aplikasi SIRA bagi SDM Keuangan Badan Litbang dan Diklat, khususnya dalam mensubmit dokumen pertanggungjawaban keuangan secara online.

“Selain memantau progres pengajuan dokumen pertanggungjawaban keuangan secara online, juga dilakukan proses rekonsiliasi data pencairan anggaran dari aplikasi SAKTI ke SIRA,” imbuh Nnari.

Proses pengumpulan unutk kebutuhan pengembangan aplikasi SIRA dari seluruh user di unit kerja Eselon II, juga dalam rangka meningkatkan fungsionalitas aplikasi SIRA sehingga lebih membantu pengelola keuangan dalam menyusun dokumen pertanggungjawaban keuangan.

Kegiatan Bimtek yang diselenggarakan dari 27 Februari - 1 Maret 2023 ini, diikuti seluruh pengguna Aplikasi SIRA masing-masing unit eselon II Balitbang Diklat serta diikuti peserta dari Dinas Penanaman Modal dan KTSP Kabupaten Banyuwangi. (Barjah/sri/bas)

 

 

Penulis: Barjah
Editor: Sri Hendriani/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI