Visitasi LAN untuk Akreditasi Penyelenggaraan PKN II

26 Okt 2024
Visitasi LAN untuk Akreditasi Penyelenggaraan PKN II
Tim Asesor Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan visitasi akreditasi penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II ke Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama di Ciputat, Jumat (25/10/2024).

Ciputat (Balitbang Diklat)--- Tim Asesor Lembaga Administrasi Negara (LAN) melakukan visitasi akreditasi penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) II ke Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Tim asesor diterima di ruang rapat lt. 3 Pusdiklat Tenaga Administrasi di Ciputat, Jumat (25/10/2024). 

 

Pada saat memberi sambutan Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi’i mengatakan Pusdiklat Tenaga Administrasi sendiri sudah melaksanakan PKN II  sebanyak dua Angkatan pada 2022, 2023 dan yang sedang berlangsung satu angkatan pada tahun 2024 ini. 

 

“Sebelum visitasi akreditasi oleh tim asesor LAN, penyelenggaraan PKN II sudah melaksanakan penjaminan mutu oleh tim penjaminan mutu internal. Tim ini diketuai Siti Kusriyah yang juga ketua tim kerja penjaminan mutu pelatihan dan tim penjaminan mutu eksternal terdiri dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Wahyu Suprapti,  dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Mahsusi, dan Sekretaris pada Sekretariat Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Kastolan,” ungkap Syafi’i.

 

Visitasi akreditasi pelaksanaan PKN II akan berlangsung selama empat hari dari 25-28 Oktober 2024. 

 

“Tim Visitasi juga akan melakukan wawancara mendalam mengenai pembiayaan, kesiapan peserta, merit system, kesiapan sarana prasarana, kesiapan penyelenggara, dan hal teknis lainnya,” terang Syafi’i.

 

“Tidak hanya itu, tim juga melihat secara langsung kondisi kesiapan akomodasi, kamar, fasilitas kesehatan, tempat ibadah, dan ruang pembelajaran serta perangkat pendukungnya,” tambahnya.

 

“Semoga hasil visitasi akreditasi ini menghasilkan nilai yang memuaskan sehingga  langkah kami selanjutnya yaitu mengajukan PKN II sebagai salah satu program yang skema pembiayaannya kami ajukan melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) akan menjadi lebih mudah. Kami akan mempertahankan dan bahkan semakin meningkatkan mutu pelaksanaan PKN II di Pusdiklat,” pungkas Syafi’i menutup sambutannya.

 

Tim Asesor Akreditasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk. II yaitu: Erfi Muthmainah, SS., MA., Dr. Bayu Hikmat Purwana, M.Pd., Danang Dwi Cahyono, S.Sos., MPA., dan Martina Nafratilova, A.Md.

 

Erfi Muthmainah yang juga Kepala Jabatan Fungsional LAN mengatakan kehadiran tim asesor untuk melihat langsung kondisi di lapangan.“Kami di sini untuk melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan kompetensi ASN,” katanya.

 

“Menurut Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor: 1874/K.1/PDP.09/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Akreditasi Pelatihan yang menjadi kewenangan LAN adalah Akreditasi Lembaga Penyelenggara Pelatihan, Akreditasi Lembaga Pengakreditasi Program, dan Akreditasi Program Pelatihan. Dan yang sedang  dilaksanakan di Pusdiklat sekarang adalah Akreditasi Program Pelatihan,” terang Ervi. 

 

Oleh karena itu, kata Erfi, ada 11 tahapan akreditasi yang harus dilalui Pusdiklat Tenaga Administrasi yaitu permohonan akreditasi, pemberitahuan rencana pelaksanaan akreditasi, penetapan tim asesor dan tim sekretariat,  pemeriksaan dan penelitian kelengkapan data akreditasi, penelitian dan penilaian data akreditasi, rapat pravisitasi, visitasi akreditasi, perbaikan dan/atau penambahan data akreditasi, penilaian data hasil visitasi, rapat penilaian akhir, dan penyampaian status akreditasi.

 

“Sekarang ini Pusdiklat sudah berada pada tahapan visitasi akreditasi,” imbuhnya. 

 

Hadir juga pada kesempatan ini Kabag TU Nilam Nur Azizah, para pengawas, dan ketua tim kerja.(RS)

   

 

Penulis: Rahmi Siregar
Sumber: Pusdiklat Adm
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI