Badan Litbang dan Diklat Sambut Tamu “The Smiling Anshor”

15 Des 2014
Badan Litbang dan Diklat Sambut Tamu “The Smiling Anshor”

Senin (15 Oktober 2014). Kepala Badan Litbang & Diklat Kementerian Agama RI, Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, Ph.D, pada hari Rabu, (10/12), berkesempatan menerima tamu dari Amerika Serikat, Prof. Ronald Lukens Bull, Ph.D, yang biasa disapa “Mas Ron”. Beliau berkunjung ke kantor Badan Litbang dan Diklat dalam rangka kunjungan riset tentang “Jihad for Democracy, Pluralism, and Peace”. Beliau berkenan untuk berdiskusi tentang berbagai hal yang relevan dan terkait dengan topik penelitian. Sebelumnya Beliau menulis buku dan telah terbit tentang Jihad yang berjudul “Peaceful Jihad”.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Litbang dan Diklat memberikan beberapa poin penting tentang penelitian, antara lain: sumber data yang dapat diperoleh di kantor Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Kramat atau di perpustakan nasional Jakarta. Disana terdapat perpustakaan yang dapat menjadi sumber informasi untuk peneliti. Beliau juga merekomendasikan beberapa nama-nama tokoh yang dapat dihubungi untuk memperlancar penelitian. Dalam kesempatan tersebut, Mas Ron sempat mengemukakan pandangannya tentang Jihad yang berbeda dari makna yang dipahami oleh negara-negara Barat. Beliau menyatakan bahwa makna Jihad yang ia temukan di Indonesia terutama pada organisasi Anshor (The Smiling Anshor) sangat damai dan tidak perlu ditakuti, karena jihad bermakna “usaha sungguh sungguh menegakan kebaikan dalam mencegah kekerasan.

Dalam pertemuan tersebut Kepala Badan Litbang didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Penelitian Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Wakhid Khozin dan seorang peneliti bernama Hayadin. Sebelumnya, Mas Ron telah membantu memfasilitasi Peneliti Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan untuk menyelenggarakan penelitian di Amerika Serikat.

hay/abd/ags

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI