Balitbagdiklat Ambil Lagkah Cepat Implementasikan Simdklat

11 Mei 2015
Balitbagdiklat Ambil Lagkah Cepat Implementasikan Simdklat

Manado (11 Mei 2015). Dalam upaya mempercepat implementasi Aplikasi Sistem Informasi Kediklatan (Simdiklat) Sekretariat Badan Litbang dan Diklat lakukan pendampingan ke seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kediklatan. Lebih dari 10 pegawai sekretariat diterjunkan ke seluruh UPT di Indonesia.

Pendampingan dimaksudkan selain untuk menyosialisasikan aplikasi Simdiklat, juga ditujukan untuk melihat secara langsung implementasi simdiklat.

"Kami terjunkan para pegawai bertepatan dengan pembukaan diklat pada masing-masing UPT. Hal ini untuk memastikan aplikasi Simdiklat digunakan secara online mulai saat pendaftaran peserta diklat" demikian ujar Sunarini, Kepala Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi, Sekretariat Badan Litbang dan Diklat.

Selanjutnya Sunarini menyampaikan bahwa pendampingan juga dimaksudkan untuk menggali informasi terkait permasalahan dan kendala yang dihadapi oleh petugas di lapangan.

"Sebagai aplikasi yang masih dalam tahap pengembangan, kami sangat berharap berbagai kendala dan permasalahan yang terjadi di lapangan dapat terekam dengan baik. Karena berawal dari kendala itulah, kami akan sempurnakan aplikasi ini" ujarnya.

Hari ini (11/5) Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado menyelanggarakan tiga diklat sekaligus, yaitu Diklat PIM IV, Diklat Calon Pengawas, dan Diklat Guru PAK SMA. BDK Manado menjadi UPT terakhir yang mendapatkan pendampingan.  Meskipun masih terdapat berbagai kendala, secara umum implementasi Simdiklat berjalan lancar.

Saat ditanya kesan dalam menggunakan aplikasi Simdiklat, Irwan, petugas pengelola Simdiklat BDK Manado menyatakan bahwa ia merasa antusias dalam mengoperasikan aplikasi ini. Bahkan ia menyatakan tidak hanya dirinya, tapi sebagian besar  pegawai di BDK Manado juga merasakan hal yang sama.

Eka, petugas penerima peserta diklat, saat ditanya disela-sela menerima peserta menyatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu tugasnya. "Aplikasi ini mudah dipahami dan sangat membantu" ujarnya. Saat ditanya adakah kendala atau kesulitan dalam mengoperasikan Simdiklat, Eka menjawab singkat "Kendalanya hanya aplikasi ini baru bagi saya, sehingga masih kurang lancar dalam mengoperasikan".

Sementara itu, Ayu, pegawai Sekretariat yang bertugas melakukan pendampingan menilai secara umum implementasi Simdiklat pada BDK Manado berjalan lancar. Meskipun demikian, ia mencatat beberapa kendala, diantaranya ketersediaan infrastruktur. "Meskipun sudah terdapat ruang khusus pendaftaran, tetapi kedepan ruangan itu perlu diperbaiki dan disesuaikan kembali. Termasuk dalam hal penyediaan komputer, printer, dan prasarana lainnya secara permanen. Hal ini diperlukan agar panitia tidak sibuk memindah-mindahkan komputer, printer, dan perlengkapan lainnya yang tentu itu sangat menyita waktu dan tenaga" ujarnya.[]

diad/rin/ags

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI