Balitbang Diklat Siapkan Bimtek SIRUP untuk Pengelola Barjas di Medan

9 Mar 2023
Balitbang Diklat Siapkan Bimtek SIRUP untuk Pengelola Barjas di Medan

Medan (Balitbang Diklat)---Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengisian Rencana Umum Pengadaan (RUP) 2023 pada aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) di lingkungan Balitbang Diklat Kemenag Tahun Anggaran 2023. Kegiatan ini digelar di Medan, Sumatra Utara, Rabu (8/3/2023).

Kepala Bagian Umum dan Perpustakaan Sekretariat Balitbang Diklat, Puji Kusbandari, selaku koordinator panitia mengatakan bahwa Bimtek akan dihadiri para pejabat. Antara lain Kepala Badan (Kaban) Litbang Diklat Prof Amien Suyitno dan Plt Sekretaris Badan (Sesban) Litbang Diklat Prof Arskal Salim.

“Acara ini akan dibuka Pak Kaban nanti malam. Pak Sesban akan menyampaikan materi tentang Kebijakan dan Strategi Penginputan RUP pada Aplikasi Sirup di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama,” ujarnya.

Puji mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini hendak meningkatkan pemahaman tentang perencanaan pengadaan barang/jasa (barjas) pemerintah sehingga dapat menyusun perencanaan pengadaan yang berkualitas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pelaksanaan pengadaan barjas dapat dicapai jika dilakukan dengan perencanaan yang baik. Perencanaan pengadaan itu meliputi identifikasi kebutuhan, penetapan barjas, cara memperoleh, jadwal, dan anggaran pengadaan barjas,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa ke depan, SIRUP akan diteruskan ke Sistem Pengawasan Program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (SISWAS P3DN) milik Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Ini menjadi prioritas perkembangannya dipantau oleh menteri agama, inspektur jenderal dan akan dilaporkan langsung kepada presiden akhir Maret ini,” ungkapnya.

Perempuan asal Kulonprogo Yogyakarta ini menambahkan, Direktur Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang (LKPP) akan menyampaikan materi tentang Pelaksanaan PBJ melalui Swakelola dan Tusi (Tugas dan fungsi) Pejabat Pembuat Komitmen menurut PMA 85 tahun 2022.

Sementara perwakilan Biro Umum Setjen Kemenag akan memaparkan tentang cara Pengisian RUP 2023 pada Aplikasi SIRUP sekaligus mereview pengisian RUP untuk tahun anggaran 2023 di lingkungan Balitbang Diklat.

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Badan (Sesban) Litbang Diklat Prof M Arskal Salim yang didaulat membuka resmi kegiatan sangat berbahagia bisa hadir langsung. “Ini pertama kalinya saya tampil membahas masalah barang dan jasa. Biasanya ngobrolin penelitian dan karya ilmiah. Tiba-tiba diminta membahas ini,” ujarnya mengawali sambutan seraya tertawa.

Prof. Arskal merasa perlu hadir dalam kegiatan Bimtek SIRUP Tahun Anggaran 2023di lingkungan Balitbang Diklat Kemenag Karena ingin berkenalan dengan para ASN di Sekretariat.

Kegiatan ini dihadiri 50 peserta terdiri dari Biro Umum Setjen, perwakilan tiga Puslitbang dan 2 Pusdiklat, pegawai di lingkungan Balitbang Diklat, delegasi Balai Diklat Keagamaan (BDK), Balai Litbang Agama (BLA) dan Loka Diklat Keagamaan (LDK) se-Indonesia.

Bimtek diagendakan selama tiga hari, Rabu-Jumat, 8-10 Maret 2023, di Hotel Radisson Medan, Jl H Adam Malik No 5 Sekip, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumut. (Ova/diad)

Penulis: Mustofa Asrori
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI