BLA Semarang Ekspos Produk Akademik dan Kuatkan Moderasi Beragama di Kampus

30 Nov 2022
BLA Semarang Ekspos Produk Akademik dan Kuatkan Moderasi Beragama di Kampus
Kepala BLA Semarang Anshori (ketiga kiri) berpose bersama para narasumber usai penandatanganan Nota Kesepahamana antara BLAS dengan UIN Saizu di Purwokerto, Rabu (30/11/2022).

Purwokerto (Balitbang Diklat)---Balai Litbang Agama (BLA) Semarang menggelar kegiatan Ekspos Produk Akademik dan Seminar Penguatan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang dihelat di Auditorium Utama UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto, Jawa Tengah.

Kegiatan bertema ‘Moderasi Beragama sebagai Modal Sosial Membangun Kemanusiaan yang Beradab’ ini dirangkai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara UIN Saizu Purwokerto dengan BLA Semarang.

Kepala BLA Semarang Anshori dalam sambutannya mengatakan bahwa dari tujuh program unggulan Kementerian Agama, salah satunya adalah Penguatan Moderasi Beragama.

“Oleh karena itu, kami sebagai bagian dari keluarga Kemenag merasa perlu dan berkepentingan untuk turut serta ambil bagian dalam mengkampanyekan Moderasi Beragama ini,” ujar pria yang menjabat sebagai Kabag Umum dan Perpustakaan Sekretariat Balitbang Diklat periode 2014-2020 ini.

Khususnya bagi PTKIN yang sedang berkembang, dari STAIN menjadi IAIN, dan dari IAIN menjadi UIN. Dipilihnya kampus ini sebagai lokus kegiatan karena strategis, memiliki semangat baru, dan merupakan kampus yang baru saja beralih dari IAIN menjadi UIN.

Pria kelahiran Purwokerto ini berharap, ekspos dan seminar penguatan Moderasi Beragama ini bermanfaat dan membawa pencerahan bagi seluruh peserta. “Semoga UIN Saizu terus maju dan sukses selalu,” tuturnya disambut aplaus hadirin.

 

Mengeratkan saling sapa

Rektor UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Prof. Mohammad Roqib dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bisa lebih mengeratkan dan menguatkan tradisi saling sapa di antara kita.

“Kegiatan moderasi beragama yang tadi dikatakan Pak Anshori tadi itu memang sangat penting. Oleh karenanya, perlu terus dipupuk agar kegiatan saling sapa ini tambah intens khususnya di kalangan generasi muda,” kata Rektor saat menyampaikan pidato kunci di auditorium utama kampus tersebut.

Rektor Roqib menyambut baik ekspos produk akademik dan seminar Moderasi Beragama pihaknya juga berterima kasih dipercaya BLA Semarang untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

“Semoga ke depan UIN Saizu dan BLA Semarang bisa terus bekerja sama dalam menyelenggarakan program-program unggulan Kementerian Agama,” harapnya.

Hadir dalam pembukaan acara ini sejumlah tokoh yang didaulat menjadi narasumber yang dibagi dalam 2 sesi. Sesi pertama yakni K.H. Ahmad Tohari (budayawan Banyumas), Prof. Machasin (Guru Besar Sejarah Kebudayaan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta), dan Kepala Biro AUPK UIN Saizu Purwokerto Edhi Gunawan.

Pembukaan ekspos produk akademik ini semakin syahdu menyusul penampilan qariah dari kalangan mahasiswa, Aqilatuzzakiyah, dan persembahan tari Banyumasan dari tim mahasiswi UIN Saizu Purwokerto.

Sesi kedua yang digelar pada Kamis (1/12/2022) besok akan dihadiri Prof. Waryono Abdul Ghofur (Direktur PD Pontren Ditjen Pendis Kemenag RI), Prof. Phil Nur Kholis Setiawan (Guru Besar Ilmu Tafsir UIN Saizu), dan Prof. Fauzi (Wakil Rektor I UIN Saizu).

Ekspos Produk Akademik dan Seminar Penguatan Moderasi Beragama yang dihadiri 337 mahasiswa ini diagendakan selama 2 hari, Rabu-Kamis, 30 November – 1 Desember 2022.[]

Ova/diad

 

Penulis: Mustofa Asrori
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI