Dalam Masa Transisi, Tidak Ada lagi Program Tumpang Tindih

11 Mar 2023
Dalam Masa Transisi, Tidak Ada lagi Program Tumpang Tindih
Kaban menutup secara daring Kegiatan Pengembangan Kapasitas Pegawai dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelatihan Pusdiklat Tenaga Administrasi, Ciwidey Valley Resort Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/03/2023) malam.

Bandung (Balitbang Diklat)---Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Kementerian Agama (Kemenag), Prof. Suyitno, mengatakan proses Badan Litbang dan Diklat Kemenag  bertransformasi menjadi Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BMBPSDM) akan terjadi banyak pemotongan-pemotongan (slimming institutions). 

“Apa pun perubahannya nanti, kita harus siap menyambut perubahan baru, baik perubahan sumber daya manusianya maupun tata kelolanya,” pesan Kaban. 

“Untuk itu, saya mengimbau mulai dari sekarang bekerja harus berdasarkan, base on data. Transformasi lembaga harus didukung dengan data yang tersistem agar dalam masa transisi tidak ada lagi program yang sifatnya tumpang tindih,” ujar Kaban saat menutup secara daring Kegiatan  Pengembangan Kapasitas Pegawai dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelatihan Pusdiklat Tenaga Administrasi tahun 2023 di Ciwidey Valley Resort  Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  Jumat (10/03/2023) malam. 

Penutupan berlangsung setelah rangkaian acara terakhir yaitu Studi Banding Kampus Pelatihan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Barat. Dalam sambutannya, Kaban juga meminta kepada semua pegawai untuk menerapkan apa yang sudah diterima selama mengikuti kegiatan ke dalam lingkungan kerja nantinya.

“Dengan sudah refreshing diharapkan sepulang dari sini para pegawai Pusdiklat lebih semangat dan bertambah kinerjanya,” ujar Kaban.

"Karena salah satu tujuan kegiatan ini untuk membentuk team building, peningkatan hubungan kerja sama, konsolidan, sinergi dan kekompakan saat bekerja," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Kaban juga menegaskan bahwa dasar penyusunan kebijakan internal maupun eksternal Kemenag adalah data. “Perkuat instrumen data, kalau menggunakan kuesioner tidak cukup, bisa menggunakan triangulasi penelitian,” pungkasnya.

Kegiatan Pengembangan Kapasitas Pegawai dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pelatihan tahun 2023 di Ciwidey Valley Resort Bandung, Jawa Barat, digelar Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama  dari 8 sampai 11 Maret 2023. Diikuti 80 orang peserta dari Pusdiklat Tenaga Administrasi, Sekretariat Balitbang Diklat, Biro Umum Sekretariat Jenderal, Balai Diklat Keagamaan Bandung, KanKemenag Kabupaten Bandung dan K/L lainnya yaitu Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Hadir pada penutupan Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Syafi’i, Kabag TU, Nilam Nur Azizah, dan para Ketua Tim Kerja Pusdiklat Tenaga Administrasi. (RS/sri/bas)

   

 

Penulis: Rahmi
Editor: Sri Hendriani/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI