Dongkrak IKU dengan e-Journal

7 Sep 2016
Dongkrak IKU dengan e-Journal

Bogor (2 Agustus 2016). “Jurnal adalah bagian yang sangat vital sebagai media publikasi hasil karya ilmiah di Badan Litbang dan Diklat,” ujar Sekretaris Badan Litbang dan Diklat, Rohmat Mulyana Sapdi pada sambutan Workshop Pengelolaan e-Journal (Open Journal System/ OJS), Selasa (2/8). Kegiatan yang bertempat di Royal Hotel Padjajaran Bogor diselenggarakan oleh Sekretariat Badan Litbang dan Diklat melalui Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi. Peserta terdiri dari 65 orang yang berasal dari unit pusat dan daerah (UPT) seluruh Indonesia.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memperoleh bimbingan teknis mengenai manajemen e-Journal sehingga pengelola dapat mempelajari, mengembangkan, dan mengimplementasikan e-Journal,” ungkap Kepala Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi, Hefson Aras saat memberi laporan kegiatan. Hefson menambahkan bahwa pemateri yang akan dihadirkan memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang e-Journal, yaitu Staf Ahli Menteri Agama Bidang IT, Tim e-Journal LIPI, dan Tim e-Journal Balai Litbang Agama Semarang.

E-Journal bukan untuk menggantikan jurnal yang konvensional, melainkan mengembangkan dan menguatkan jurnal konvensional melalui media elektronik. E-Journal memiliki keunggulan dibandingkan jurnal konvesional, antara lain daya jelajah dan jangkauan lebih luas, biaya penerbitan lebih murah. desiminasi tulisan lebih cepat, dan tidak memakan space yang besar.

Melalui Workshop Pengelolaan e-Journal ini diharapkan Badan Litbang dan Diklat mampu meningkatkan publikasi karya-karya ilmiah agar mampu mendongkrak kinerja sebagai salah satu indikator penilaian capaian Indikator Kinerja Utama (IKU).

“Era saat ini adalah era kemajuan teknologi komunikasi, apabila kita tidak tanggap menyikapi perubahan maka kita akan cenderung tertinggal,” ujar Rohmat mengakhiri sambutannya.

 

 
Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI