Halaqah Ulama: "Pesantren Khas Nusantara Menuju Pendidikan Islam Internasional"

6 Okt 2015
Halaqah Ulama: "Pesantren Khas Nusantara Menuju Pendidikan Islam Internasional"

Bogor (6 Oktober 2015). Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan (Puslitbang Penda) menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan Halaqah Ulama 2015 dengan tema "Pesantren Khas Nusantara Menuju Pendidikan Islam Internasional". Acara yang bertempat di Sempur Park Hotel ini dihadiri sekitar 120 orang peserta yang meliputi perwakilan ulama dari seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, hadir  pula akademisi dari perguruan tinggi Islam di Indonesia.

Acara dimulai dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Puslitbang Penda, Hamdar Arraiyyah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka secara resmi Halaqah Ulama oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat, Abd. Rahman Masud.

Masud menyampaikan tujuan Halaqah Ulama kali ini adalah mengidentifikasi potensi  dan merumuskan langkah-langkah strategis pengembangan pesantren khas nusantara menuju pendidikan Islam Internasional.

Beberapa topik yang akan dibahas antara lain: karakteristik pesantren khas nusantara: membaca konteks, pesantren dan kontestasi studi Islam internasional, serta strategi pengembangan pesantren sebagai Pusat Studi Islam Internasional.

Selanjutnya, Masud berharap melalui kegiatan ini dapat melahirkan rekomendasi pengembangan pesantren khas nusantara sebagai lembaga pendidikan internasional.[]

diad/vics/diad

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI