Inovasi Terbaru Kemenag untuk Layanan Penilaian Buku Pendidikan Agama

23 Jun 2023
Inovasi Terbaru Kemenag untuk Layanan Penilaian Buku Pendidikan Agama
Kapuslitbang LKKMO Arskal Salim melaksanakan pendampingan di Penerbit Yudhistira Ghalia Indonesia Kota Bogor, Kamis (22/6/2023).

Bogor (Balitbang Diklat)--- Kementerian Agama (Kemenag) meluncurkan inovasi terbaru dalam Layanan Penilaian Buku Pendidikan Agama tahun 2023. Terobosan baru tersebut berupa pendampingan perbaikan buku hasil penilaian pada 47 penerbit.

“Kegiatan ini merupakan hasil evaluasi tahun 2022 mengenai pentingnya pendampingan kepada penerbit dan masyarakat. Tujuannya agar revisi yang dilakukan dapat mencapai hasil maksimal sesuai arahan dan masukan dari para penilai buku,” ujar Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi (LKKMO) Prof. Arskal Salim GP saat melaksanakan pendampingan di Penerbit Yudhistira Ghalia Indonesia Kota Bogor, Kamis (22/6/2023).

Menurut Kapus Arskal, pendampingan tersebut merupakan upaya Kemenag untuk mengoptimalkan koordinasi dan sinkronisasi dengan berbagai pihak terkait pengawasan penggunaan tanda layak penilaian buku Pendidikan Agama. “Untuk mendukung hal itu, kami menerbitkan Surat Tugas Nomor: 076/P.III.1/6/2023 tanggal 12 Juni 2023 yang ditandatangani oleh Kepala Puslitbang LKKMO,” kata pria kelahiran Makassar ini.

“Terobosan ini melibatkan 21 supervisor dan 26 verifikator dari kegiatan PBPA 2023. Mereka bertugas untuk melakukan pendampingan pada 47 penerbit yang berada di 15 kota dan 6 provinsi,” lanjutnya.

Kapus Arskal berharap agar penerbit dan masyarakat dapat melakukan revisi buku hasil penilaian oleh para penilai dengan maksimal. “Kami juga akan memperhatikan masukan dan kritik yang konstruktif untuk meningkatkan layanan Penilaian Buku Pendidikan Agama di tahun-tahun mendatang,” pungkasnya.

Tahapan Penilaian Buku Pendidikan Agama (PBPA) saat ini telah memasuki fase revisi buku hasil penilaian yang dilakukan oleh para penilai dari penerbit buku. Periode ini berlangsung pada 16-30 Juni 2023.

MSN/Muis/diad

Penulis: Mulyawan Safwandy Nugraha
Editor: Dewi Indah Ayu
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI