Jalin Kebersamaan, Laksanakan Pekerjaan Penuh Tanggung Jawab dan Amanah

31 Jul 2024
Jalin Kebersamaan, Laksanakan Pekerjaan Penuh Tanggung Jawab dan Amanah
Kegiatan Pengembangan Kompetensi Pegawai-Amazing Race Internalisasi Core Value Ber-AKHLAK untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan pramubakti yang diselenggarakan Pusdiklat Tenaga Administrasi bekerja sama dengan Trustco di Dieng-Wonosobo, 29-31 Juli 2024.

Dieng-Wonosobo (Balitbang Diklat)---Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama gandeng Trustco gelar kegiatan Pengembangan Kompetensi Pegawai-Amazing Race Internalisasi Core Value Ber-AKHLAK untuk 31 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan pramubakti dari 29-31 Juli 2024 di Hotel Larasati Dieng Jl. Dieng No.16, Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.

 

Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Syafi’i mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk menjalin kebersamaan. “Kalau sudah terbentuk kebersamaan yang bahasa ASN Ber-AKHLAK itu kolaboratif, tentu saja mengerjakan pekerjaan sehari-hari menjadi ringan,” ujarnya di Dieng-Wonosobo, Selasa (30/7/2024). 

 

“Tetapi kalau tidak ada kebersamaan satu dengan yang lainnya, tidak saling kenal, saling sikut, saling sindir, maka pekerjaan akan terasa berat karena tidak ada kekompakan. Oleh karenanya, kegiatan keluar seperti ini dilaksanakan,” sambungnya. 

 

Selain itu, lanjut Syafi’i, kegiatan ini juga untuk me-refresh pikiran dan semangat supaya nanti kembali ke kantor dengan semangat baru.

 

Syafi’i juga berpesan kepada P3K dan pramubakti untuk selalu bersyukur bagaimanapun keadaannya. “Masih banyak orang-orang di luar sana tidak punya pekerjaan walaupun sudah mencari ke sana ke sini,” katanya.

 

Menurut Syafi’i, bekerja juga harus dilakukan dengan happy. Selain pekerjaan terasa ringan, kita juga akan awet muda dan panjang umur.

“Mulai sekarang ciptakanlah perasaan happy ketika akan mengerjakan pekerjaan yang ditugaskan oleh pimpinan,” pesannya.

 

“Kita bekerja di instansi pemerintah. Siapa pun kita itu sudah ada jelas tugasnya masing-masing. Oleh karena itu, mari kita mulai melaksanakan tugas dan pekerjaan kita dengan penuh tanggung jawab dan amanah,” imbau Syafi’i.

 

Terakhir, Syafi’i mengingatkan lagi kerja kolaboratif, kerja sama, dan bersinergi. “Tidak mungkin kita bekerja sendiri. Memang, masing-masing kita ada tugas tetapi ada waktunya kita harus bekerja sama. Oleh karena itu, kekompakan di era sekarang ini wajib dan mutlak diperlukan,” pungkasnya. (RS/bas/sri)

   

 

Penulis: Rahmi Siregar
Sumber: Pusdiklat Adm
Editor: Abas dan Sri Hendriani
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI