Kaban : Latsar CPNS Syarat Untuk Menjadi PNS

16 Agt 2019
Kaban : Latsar CPNS Syarat Untuk Menjadi PNS
Foto: Filman Ghaida

Ciputat (15 Agustus 2019). Pusdiklat Tenaga Administrasi menyelenggarakan Pelatihan Dasar (Latsar) Kementerian Agama Tahun 2019. Pembukaan diselenggarakan serentak pada 14 Balai Diklat Keagamaan (BDK)  melalui video conference di Ciputat, Kamis (15/08).

Kepala Badan Litbang dan Diklat Abd. Rahman Mas’ud pada sambutannya menyampaikan bahwa mengikuti Latihan Dasar CPNS adalah syarat untuk menjadi PNS.

“Pelatihan Dasar CPNS merupakan syarat mutlak untuk menjadi PNS. Tujuan Latsar adalah untuk mengantarkan PNS Kemenag menjadi manusia yang profesional, kompetitif dan moderat,” ujar Kaban.

Sementara itu, dalam laporannya Kapusdiklat Tenaga Administrasi Saeroji mengatakan bahwa Latsar akan diikuti oleh 14.653 peserta CPNS Kemenag seluruh Indonesia.

“Diklat Latsar terdiri dari CPNS regular sebanyak 14.209 peserta dan CPNS K1 dan K2 sejumlah 404 peserta. Untuk Latsar gelombang pertama dihadiri oleh 1269 peserta yang terdiri dari 32 angkatan, tersebar di seluruh BDK kecuali Papua,” papar Saeroji.

Berdasarkan UU No. 5/2014 dan PP 11/2017, masa percobaan CPNS hanya 1 tahun sejak TMT. Oleh karena itu, Latsar harus diselesaikan tahun ini.

“Dengan peraturan tersebut, konsekuensinya ada delapan (8) BDK dengan jumlah CPNS lebih dari seribu harus melaksanakan Latsar 10-12 angkatan setiap gelombang. BDK tersebut adalah Aceh, Medan, Padang, Palembang, Semarang, Surabaya, Makassar, dan Banjarmasin,” jelas Kapusdiklat Saeroji.

Penyelenggaraan Latsar sendiri di beberapa BDK menggunakan fasilitas kampus sedangkan sebagiannya menggunakan fasilitas asrama haji dan fasilitas lain yang dimiliki oleh instansi pemerintah dan swasta.

Pada kesempatan ini, Kaban juga berpesan agar kegiatan Latsar harus diikuti dengan sebaik-baiknya karena ini merupakan langkah awal menjadi ASN Kemenag.

“Latsar jangan hanya diikuti sebagai formalitas semata, tapi harus secara substansial. Setiap mata pelajaran perlu dipahami dan diterapkan agar menjadi ASN yang profesional, kompetitif, religius, dan moderat bagi Indonesia,” tutup Kaban.

Latsar 2019 dimulai pertengahan Agustus hingga akhir November 2019. Tenaga pengajar Latsar terdiri dari widyaiswara dan pejabat/pegawai yang telah memiliki sertifikat dari LAN. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Jenderal M. Nur Kholis yang memberikan Ceramah Umum Pelatihan Dasar CPNS. []

RS/diad                 

Penulis: Rahmi Siregar
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI