Kaban Suyitno Gaungkan Jargon Baru Balitbang Diklat

21 Jan 2023
Kaban Suyitno Gaungkan Jargon Baru Balitbang Diklat
Kepala Badan Litbang dan Diklat memberikan arahan pada kegiatan Koordinasi/Konsinyasi Penyusunan Laporan Tahunan di Bogor, Jumat (20/01/2023).

Bogor (Balitbang Diklat) - Badan Litbang dan Diklat sebagai salah satu Unit Eselon I Kementerian Agama merupakan supporting system dalam pengambilan kebijakan di bidang keagamaan, pendidikan dan pelatihan. Sehubungan itu, Balitbang Diklat bertekad melakukan rebranding yang diawali dengan mengubah jargon agar kedepan jadi lebih baik.

"Kita harus melakukan rebranding Litbang menjadi lebih positif, karena ternyata Balitbang itu memiliki dua tugas fungsi besar Kemenag yakni agama dan pendidikan," kata Kepala Balitbang Diklat Suyitno saat memberikan arahan pada Koordinasi/Konsinyasi Penyusunan Laporan Tahunan, Jumat (20/1/2023).

Kaban Suyitno lantas menggaungkan jargon baru bagi Badan Litbang menjadi "Elite, Gesit, dan Membanggakan". Jargon tersebut sekaligus untuk me-rebranding atau mengubah persepsi Litbang yang sebelumnya kerap dipelesetkan menjadi "sulit berkembang".

"Litbang yang dulu dipelesetkan sebagai 'sulit berkembang' kini menjadi elite, gesit, dan membanggakan," ujar Kaban dengan nada optimis.

Jargon tersebut, lanjut Kaban, tentunya bukan sekadar jargon. Pasalnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mempercayakan Balitbang Diklat sebagai “dapurnya” Kemenag. "Dapur dalam artian sebagai tempat meramu dan memasak program yang akan dilaksanakan pada tahun 2023," terangnya.

Kaban mengingatkan, tugas Balitbang Diklat adalah meramu kebijakan di bidang fungsi agama dan fungsi pendidikan tersebut. Maka tugas tidak ringan ini membutuhkan orang yang memiliki komitmen dan integritas tinggi.

"Maka kita tidak bisa bekerja biasa-biasa saja, kita harus bekerja luar biasa. Business as usual sudah saatnya kita tinggalkan.  Jangan bermental slow response, harus bisa gesit menanggapi dan merespons. Ini yang disebut kerja luar biasa," tegas Kaban.

Dicontohkannya, setiap unit eselon I wajib memiliki outlook, dan yang merancangnya adalah Balitbang Diklat. "Sehingga sekarang Balitbang Diklat telah menjadi kiblatnya Unit Eselon I, khususnya dalam membuat outlook perencanaan kegiatan," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Kaban Suyitno juga mengapresiasi petugas pelaporan yang telah mengawal capaian kinerja anggaran sehingga sampai saat ini berada di peringkat tertinggi.

Hadir sebagai peserta, petugas pelaporan yang berasal dari seluruh unit kerja di lingkungan Badan Litbang dan Diklat Kemenag. Kegiatan berlangsung di Hotel Horison Bhuvana pada, 19 s.d. 21 Januari 2023.

Julian/diad

Penulis: Julian
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI