Kaban Suyitno: Humas Balitbang Garda Terdepan Institusi

26 Jan 2023
Kaban Suyitno: Humas Balitbang Garda Terdepan Institusi
Kaban Litbang Diklat Kemenag RI Prof Suyitno di sela berkendara menyempatkan diri hadir dalam Rapat Koordinasi Kehumasan melalui zoom meeting, Kamis (26/01/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Kepala Badan (Kaban) Litbang dan Diklat Kemenag RI Prof Suyitno mengatakan, humas Balitbang Diklat merupakan garda terdepan institusi atau lembaga. Oleh karena itu, humas harus smart dan cepat dalam membuat berita. 

Kaban mengatakan hal tersebut dalam Rapat Koordinasi Para Pranata Humas dan Pengelola Website di lingkungan Balitbang Diklat Kementerian Agama yang digelar melalui Zoom Meeting, Kamis (26/01/2023).

“Humas merupakan wajah terdepan institusi. Di tangan humas lah wajah institusi terwakili. Wajah kalian mengggambarkan wajah institusi di mana Anda sekalian berada,” kata Kaban.

Kaban berpesan agar setiap hari ada berita yang muncul di web Balitbang Diklat. Sekecil apapun kegiatannya, harus ada pemberitaan. Minimal tiga angle atau sudut pandang.

“Angle menarik ini butuh latihan dan harus terus diasah. Oleh karena itu, gunakan terus kesempatan untuk belajar bersama menulis berita yang menarik,” tutur Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini.

Selain itu, lanjut Kaban, berita harus berbasis kekinian. Artinya, tulisan kita harus updating dan the real time. “Semakin lambat kita memberitakan, semakin kita kehilangan momen,” tandasnya. 

Kaban Suyitno yang menggunakan nama Cakno di akun Zoom-nya ini menambahkan bahwa hal tak kalah pentingnya dari berita adalah foto ilustrasi. Humas harus pandai mencari gambar yang natural.

“Carilah foto atau gambar bernuansa aktivitas. Hindari gambar-gambar formalitas,” kata mantan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Ditjen Pendis ini.

“Kadang sebuah foto memiliki pesan kuat yang mampu mengalahkan narasi berita itu sendiri. Makanya pesan dari sebuah foto harus kelihatan semua. Dan ini butuh skill juga. Intinya, seorang news maker harus cermat,” tegasnya. 

Koordinator Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi (PKSI) Sekretariat Balitbang Diklat H Hefson Aras sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ia berharap, para pranata humas terus semangat dalam membuat berita.

“Rapat melalui Zoom ini saya ikuti meski telat sedikit. Saya melihat rapat cukup baik dan interaktif,” kata Hefson.

Hadir juga dalam pembukaan Rakor Kehumasan ini Kepala Puslitbang Penda H Mohsen Alaydrus, Kepala Puslitbang LKKMO Prof M Arskal Salim, dan beberapa Kepala Balai. Antara lain Kepala BDK Jakarta Ali Ghozi, dan Kasubag TU Puslitbang Penda Irhason.

Seluruh Pranata Humas dari seluruh balai di lingkungan Balitbang Diklat hadir, baik Balai Litbang Agama (BLA), Balai Diklat Keagamaan (BDK), maupun Loka Diklat Keagamaan (LDK). (Ova/bas)

   

 

Penulis: Mustofa Asrori
Editor: Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI