Kaban Tekankan Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak

26 Jul 2018
Kaban Tekankan Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak

Jepara (25 Juli 2018). Pendidikan di internal keluarga memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter anak. Sebagai madrasah pertama, orang tua khususnya ibu harus memberi contoh dalam hal yang paling prinsip kepada anak seperti sikap jujur, amanah, dan sopan santun.

Kepala Badan Litbang dan Diklat Prof. H. Abdurrahman Mas’ud, P.hD., mengatakan hal tersebut saat berbicara pada seminar bertajuk Revitalisasi Karakter Peserta Didik di Era Milenial. Acara tersebut diinisiasi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, Jawa Tengah, Rabu (25/7).

“Orang tua harus memastikan bahwa anak memiliki semangat dalam membaca. Terpenting, idealnya orang tua menjadi uswatun hasanah (contoh yang baik), bukan yang suka mauidhah hasanah(pidato),” kata Mas’ud.

Menurut pria kelahiran Kudus ini, akar utama masalah pembelajaran dunia Islam adalah abainya umat terhadap perintahiqra’ (membaca). Pusat intelektualisme sudah lama pindah dari dunia Islam karena budaya ini tidak dinomorsatukan lagi oleh umat meski merupakan perintah pertama Sang Maha Pencipta.

“Menurut saya, guru yang berhasil adalah tokoh panutan yang bisa melahirkan anak didik pencinta baca, membudayakan iqra’, belajar mandiri, dan semangat meneliti (spirit of enquiry),” papar Guru Besar UIN Walisongo Semarang ini.

Di akhir paparan, doktor lulusan University of California Los Angeles (UCLA) Amerika Serikat ini menegaskan bahwa pembentukan karakter peserta didik tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah. Akan tetapi, lebih utama tanggung jawab tersebut ada di keluarga serta masyarakat.

“Wal hasil, keluarga yang berkarakter dapat membangun masyarakat yang berkarakter pula. Saya juga ingin menegaskan perlunya konten pengajaran yang berorientasi pada nilai-nilai etika dan moral melalui bimbingan yang intensif dan komprehensif,”  pungkasnya. (Musthofa Asrori/bas/sri/ar)

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI