Karya Ini Layak Jadi “Primer Resources”

5 Mei 2015
Karya Ini Layak Jadi “Primer Resources”

Jakarta (5 Mei 2015). Kepala Badan Litbang dan Diklat, Abd. Rahman Mas’ud memberikan apresiasi atas terbitnya buku “Agama & Politik di Indonesia: Umat Kristen di Tengah Kebangkitan Islam” karya Richard M. Daulay. Apresiasi disampaikan saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Bedah Buku yang dilakukan oleh Puslitbang Kehidupan Keagamaan, Selasa (5/5).

“Sebagai bentuk apresiasi, kita bisa menempatkan buku ini sebagai primer resources dalam penelitian kita. Buku ini bisa kita jadikan sebagai sumber utama, bukan hanya sumber kedua” ujar Mas’ud. Kelayakan buku ini menurut Mas’ud dikarenakan buku ini berbicara tentang respon umat Kristiani ditengah kebangkitan Islamisme di Indonesia, dan ditulis langsung oleh seorang pegiat Kristiani.

“Saya yakin, Dr. Richard akan menolak jika buku ini dianggap merupakan representasi resmi pemeluk Kristen. Namun demikian, dengan kapasitas beliau yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum Persatuan Gereja Indonesia, sedikit banyak apa yang beliau tuangkan dapat merepresentasikan pemikiran sebagian umat Kristiani,” tandas Mas’ud.

Sebagai narasumber utama, bedah buku ini menghadirkan Richard M. Daulay sebagai penulis. Hadir pula sebagai narasumber pembedah, Ismatu Ropi, Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Fahmi Salim, Pengurus Pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain dihadiri oleh para peneliti di lingkungan Badan Litbang dan Diklat, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat di lingkungan Kementerian Agama dan para akademisi. Secara khusus, bedah buku juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Odhita R. Hutabarat.[]

ags/viks/rin/ags

Editor:
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI