Keluarga Menentukan Masa Depan NKRI

31 Jan 2022
Keluarga Menentukan Masa Depan NKRI

Jakarta (Balitbang Diklat)---Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta menggelar Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Keluarga Sakinah Angkatan II Wilayah Kalimantan Barat. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari penghulu dan penyuluh agama, baik PNS maupun Non-PNS. Pelatihan berlangsung secara daring pada 18 s.d. 31 Januari 2022.

Plt. Kepala Balitbang Diklat Abu Rokhmad mengatakan Pelatihan Keluarga Sakinah sangat penting karena menentukan kondisi suatu bangsa. “Maju atau mundurnya NKRI bergantung pada keluarga sebagai unsur terkecil dalam masyarakat,” ujar Plt. Kaban mengawali arahannya kepada peserta melalui zoom meeting, Senin (31/1/2022).

Pada kesempatan ini, Abu juga menyampaikan materi “Nilai-Nilai Dasar SDM Kementerian Agama” berupa tiga pokok Revolusi Mental. Menurutnya, Revolusi Mental terdiri dari integritas, etos kerja, dan gotong royong.

“Integritas harus dilaksanakan sehari-hari sesuai dengan tugas yang diemban. Kedua, etos kerja merupakan suatu sikap yang berorientasi pada hasil yang terbaik. Ini harus dibarengi dengan niat ibadah kepada Allah swt sehingga memiliki dimensi berlipat yakni kesungguhan bekerja sekaligus membangun pondasi agama,” ungkapnya.

Terakhir, gotong royong yang merupakan sendi kehidupan bangsa Indonesia diartikan sebagai kesukarelaan dalam melakukan sesuatu dengan bekerja sama. “Oleh karena itu, Kementerian Agama bekerja sama dengan banyak pihak seperti Ormas Islam, para ulama, dan tokoh agama,” katanya.

Selain Revolusi Mental, Abu juga menyampaikan semangat untuk melaksanakan Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab langsung antara peserta dengan Plt. Kaban.

PJJ dihadiri narasumber Widyaiswara BDK Jakarta Cecep Hilman dengan didamping Andi Mala Ummu Ridha.[]

 

Yuli/diad

Penulis: Yuliana
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI