Kisah BDK Banjarmasin Turut Meriahkan MTQ Nasional di Kalsel

28 Okt 2022
Kisah BDK Banjarmasin Turut Meriahkan MTQ Nasional di Kalsel
Tim BDK Banjarmasin (berpeci) saat mengawal Kaban Litbang Diklat Prof Amien Suyitno saat meninjau stand pameran Kemenag di Alun-alun Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Banjar, Kalsel. (Foto: Dok. BDK BJM)

Banjarmasin (Balitbang Diklat)---Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 di Kalimantan Selatan (Kalsel) disambut euforia oleh seluruh warga daerah ini. Mulai pejabat, aparatur sipil negara (ASN), hingga masyarakat menyambut bahagia event nasional dua tahunan tersebut. Tak terkecuali keluarga besar Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) BDK Banjarmasin H Mukhyar Abidin mengatakan pihaknya telah berkontribusi selama gelaran MTQ di Kalsel. Antara lain mengerahkan beberapa pegawai untuk menyambut pejabat Kemenag mulai Eselon 1 hingga Eselon 4 di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, dan mengawal hingga ke arena MTQ.

“Khususnya tim dari Balitbang Diklat yang datang secara bergelombang. Mulai tim pameran, Bapak Kaban, hingga jurnalis Balitbang Diklat dari Jakarta, kami jemput di bandara dan kami antar ke venue MTQ,” ungkap Mukhyar kepada Balitbang Diklat melalui telepon, Kamis (27/10/2022).

BDK Banjarmasin sebelumnya juga dilibatkan Kanwil Kemenag Kalsel pada rapat-rapat persiapan penyelenggaraan MTQ Nasional di Kalsel. “Kabalai dan saya sendiri yang ikut rapat, baik melalui zoom maupun langsung. Intinya, kami ditugasi panitia untuk mengawal tamu-tamu dari Jakarta dan daerah lain,” tutur Mukhyar.

Pihaknya juga siap mengantarkan para tamu tersebut ke sejumlah venue MTQ Nasional yang berlangsung di beberapa titik di tiga daerah, yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin.

“Tim kami yang mengawal tim pameran di EXPO, koordinatornya Pak Mujiono dan Pak Alit. Beliau berdua dibantu beberapa sopir BDK Banjarmasin stand by selama penyelenggaraan pameran,” tambahnya.

Untuk para tamu yang ingin menginap di BDK Banjarmasin selama gelaran MTQ di Kalsel, Mukhyar pun mempersilakan. “Untuk penginapan kami gratiskan. Ini sebagai wujud rasa syukur kami atas penyelenggaraan MTQ Nasional di Kalsel,” ungkapnya.

Pria asal Jawa Timur ini menambahkan, agar tim BDK Banjarmasin solid dan bersemangat dalam mengawal dan berkontribusi dalam gelaran MTQ, pihaknya mengeluarkan surat tugas. “Surtug itu ditandatangani langsung oleh Kabalai yang baru,” ujar Mukhyar.

Tamu Berbagai Daerah

Kepala BDK Banjarmasin H Khaeroni menambahkan, selama berlangsung MTQ mayoritas kamar asrama di BDK ditempati para tamu yang hadir, baik panitia lokal dari sejumlah kantor Kementerian Agama se-Kalimantan, official kafilah MTQ, maupun beberapa tamu dari daerah lain.

“Kami merasa sangat bersyukur atas sambutan dan penginapan yang disiapkan oleh Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin untuk kafilah dari Sulawesi Utara yang sempat menginap dan dilayani dengan baik di sini,” kata Anggota DPRD Sulut, Amir Liputo, ditirukan H Khaeroni.

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan MTQ Nasional ke-29, Kepala BDK Banjarmasin menugaskan sejumlah pejabat dan pegawai untuk memberikan layanan pada kegiatan tersebut.

“Melaksanakan tugas untuk membantu memberikan pelayanan pada kegiatan dimaksud yang dilaksanakan pada 12-18 Oktober 2022 bertempat di Lapangan Cahaya Bumi Selamat- Martapura, Kalimantan Selatan, Jl A. Yani, Cindai Alus, Kec. Martapura, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan,” kata Kepala BDK Banjarmasin dalam surat yang ditandatanganinya pada 11 Oktober 2022.

Sebagai informasi, MTQ Nasional ke-29 di Kalsel mengusung tema “Dengan MTQ Nasional, Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur'ani untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat.”

Kalsel ditetapkan menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-29  tahun 2022 berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 442 Tahun 2020. Perhelatan nasional ini berlangsung selama 10 hari, Senin-Rabu, 10-19 Oktober 2022. (Ova/bas)

 

Penulis: Mustofa Asrori
Editor: Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI