Kontribusi Dharma Wanita Balitbang Diklat Untuk Negeri

1 Feb 2021
Kontribusi Dharma Wanita Balitbang Diklat Untuk Negeri

Balitbang Diklat (Kemenag). Dharma Wanita adalah sebuah organisasi yang beranggotakan istri Aparatur Sipil Negara (ASN). Tujuan utama dari pendirian Dharma Wanita adalah meningkatkan kualitas sumber daya anggota keluarga PNS untuk mencapai kesejahteraan nasional.

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balai Diklat Keagamaan Manado sebagai salah satu organisasi masyarakat (ormas) perempuan berusaha mengambil peran dalam pembangunan bangsa. Salah satu program prioritas Kementerian Agama adalah moderasi beragama. Moderasi Beragama adalah proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebih-lebihan saat mengimpelemantasikannya.

Cara pandang dan sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat plural dan multikultural seperti Indonesia, karena hanya dengan cara itulah keragaman dapat disikapi dengan bijak, serta toleransi, dan keadilan dapat terwujud.

Dharma Wanita Pesatuan Balai Diklat Keagamaan Manado membuat kegiatan berupa kegiatan berupa Workshop Nasional sebagai salah satu sarana dalam meningkatkan pemahaman penyebaran informasi moderasi beragama dengan tema “Membangun Kebersamaan dalam Keberagaman”.

Selain BDK Manado, Dharma Wanita unit pelaksana teknis lain yang berkontribusi pada masyarakat adalah Balai Diklat Keagamaan Ambon. Nyatanya masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat dan tekad DWP BDK Ambon untuk tetap beraktivitas dengan menyelanggarakan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Maulid Nabi mengusung tema Meneladani Kehidupan Rasulullah dengan Peduli Terhadap Sesama. Pada kesempatan itu, disampaikan harapan agar anggota DWP dapat berkontribusi aktif dan berinovasi untuk kemajuan DWP.

Berikut kami hadirkan laporan kegiatan Dharma Wanita Persatuan Balitbang Diklat.

1. Laporan DWP BDK Manado [unduh]

2. Laporan DWP BDK Ambon [unduh]

diad/diad

Penulis: Dewindah
Editor: Dewindah
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI