Kurikulum Silabus Pelatihan Yang Berkualitas Untuk Wujudkan Impactful Training

8 Feb 2023
Kurikulum Silabus Pelatihan Yang Berkualitas Untuk Wujudkan Impactful Training
Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi, Syafi’i, menutup kegiatan Penyusunan/Pengembangan Kurikulum dan Silabus Tahap Persiapan yang diselenggarakan secara hibrid, di Jakarta, Rabu (08/02/2023).

Jakarta (Balitbang Diklat)---Pelatihan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi, selain kegiatan sejenis yang durasinya lebih singkat seperti bimbingan teknis dan seminar.  Salah satu unsur penting dalam sebuah pelatihan adalah kurikulum dan silabus.

“Keberadaan kurikulum dan silabus pada sebuah lembaga pelatihan merupakan substansi dari tugas dan fungsinya. Lembaga pelatihan tidak dapat melaksanakan tugas fungsinya tanpa adanya kurikulum dan silabus,” ujar  Kepala Pusdiklat Tenaga Administrasi, Syafi’i, dalam arahannya saat menutup kegiatan Penyusunan/Pengembangan Kurikulum dan Silabus Tahap Persiapan yang diselenggarakan secara hibrid, di Jakarta, Rabu (08/02/2023).

Menurut Syafi’i, output dari kegiatan penyusunan ini bukan semata-mata memenuhi Perjanjian Kinerja Kepala Pusdiklat, tapi juga merupakan tanggung jawab bersama untuk menyelenggarakan pelatihan yang berkualitas, update, dan memenuhi tantangan perkembangan zaman. Pelatihan juga harus menghasilkan alumni yang memberikan kontribusi bagi masyarakat. Dengan demikian, pelatihan yang diikuti tersebut menjadi “impactful training.”

Syafi’i memberikan apresiasi terhadap kontribusi tim kerja pengembang kurikulum dan konten pelatihan, dan  para penyusun kurikulum dan silabus, yang tidak hanya berasal dari internal Pusdiklat Tenaga Administrasi, namun juga penyusun eksternal yang berasal dari Biro Keuangan dan BMN Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pusdiklat Kementerian Komunikasi dan Informasi, dan Pusat Data dan Informasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.   

“Para penyusun diharapkan dapat menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya dan menyerahkan output sesuai dengan timeline yang telah ditentukan, sehingga memperlancar pelaksanaan kegiatan selanjutnya. Tetap semangat berkarya,” pungkas Syafi’i.  

Kegiatan Penyusunan Kurikulum dan Silabus yang dikomandani oleh Ketua Tim Kerja Kurikulum, Neneng Maria Kiptyah,  ini dibuka pada Selasa, 07 Februari 2023 oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Nilam Nur Azizah. Nilam mengatakan untuk memenuhi tanggung jawab Pusdiklat dalam peningkatan kompetensi ASN Kementerian Agama, maka kurikulum harus di-update dan dikembangkan bagi kurikulum yang sudah tersedia, serta  menyusun kurikulum dan silabus yang diperlukan stakeholder.

Hadir sebagai narasumber Widyaiswara Lembaga Administrasi Negara, Ferry Firdaus, yang berbicara tentang urgensi kurikulum dan Widyaiswara Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan, Kusumawati yang menyampaikan materi sharing knowledge terkait pelatihan .

Pada kesempatan ini, telah ditentukan kurikulum dan silabus yang akan dikembangkan dan disusun sebanyak 40 judul berikut dengan nama penyusunnya. (NMK/sri/bas)

 

 

 

 

Penulis: Neneng Maria Kiptyah
Editor: Sri Hendriani/Abas
Apakah informasi di atas cukup membantu?

TERKINI

OPINI